Mother&Baby Indonesia
Inilah Alasan Gaji Wanita Lebih Rendah Ketimbang Pria

Inilah Alasan Gaji Wanita Lebih Rendah Ketimbang Pria

Kesetaraan antara pria dan wanita sudah menjadi isu penting sejak lama, termasuk tentang kesetaraan gaji. Hal ini terjadi karena ada kecenderungan pria memiliki gaji lebih besar dibanding wanita. Namun, generasi millenial nampaknya cukup beruntung karena hal tersebut tidak terjadi lagi. Survei terbaru dari Accenture menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan gaji di Jabodetabek.

 

Survei ini melibatkan 250 wanita yang bekerja, 250 pria yang bekerja, dan 400 mahasiswa. Responden bekerja di berbagai sektor seperti media, e-commerce, LSM, desain, dan masih banyak lagi. “Hasilnya ternyata partisipan merasa bahwa gaji mereka tidak ditentukan berdasarkan jenis kelamin, tapi lebih pada kinerja yang ditunjukkan pada saat bekerja,” ujar Chitrawati Juganda, senior manajer Accenture Indonesia.



 

Walaupun kabar tersebut merupakan kabar gembira bagi para working moms, Chitra mengatakan bahwa di Indonesia secara keseluruhan masih terdapat hidden pay gap atau kesenjangan gaji yang tersembunyi. “Karena perempuan memiliki beberapa tanggung jawab yang lebih banyak maka ia tidak bisa meminta gaji lebih,” ujar Chitra.

 



Tanggung jawab disini tentu yang berhubungan dengan urusan rumah tangga, seperti hamil, mengurus anak, dan mengerjakan pekerjaan rumah tangga. Contoh lain adalah waktu kerja pria dalam setahun lebih banyak dari waktu kerja wanita. Soalnya, wanita mengambil cuti hamil. Hal-hal tersebut juga membuat wanita membutuhkan waktu lebih lama untuk mencapai jabatan tertentu dibandingkan dengan pria, yang tidak perlu mengambil cuti hamil.

 

Bagaimana dengan Anda, Moms? Apakah Anda merasakan hidden pay gap dengan rekan kerja pria?(Nadia/HH/Dok. Pixabay.com)



Tags: karir,   ibu,   gaji








Cover Maret 2020