Mother&Baby Indonesia
3 Kunci Penting Agar Karier Melesat di Era Digital

3 Kunci Penting Agar Karier Melesat di Era Digital

Moms, di era digital ini ada banyak sekali kesempatan bagi para wanita untuk memiliki karier yang bagus, baik sebagai pegawai kantoran atau juga sebagai entrepreneur. Pasalnya, teknologi memberikan banyak kemudahan, seperti bisa mengakses e-mail di mana saja, bisa melakukan meeting via conference call, atau mendirikan online shop dengan menggunakan e-commerce dan media sosial.

 

Nah, untuk para Moms yang ingin kariernya semakin maju dengan memanfaatkan teknologi, berikut 3 tips yang dapat dicoba.



 

1. Kemahiran Digital
Mengikuti perkembangan teknologi memang tidak mudah. Apalagi dengan banyaknya aplikasi yang bermunculan saat ini. Tapi survei ternyata membuktikan bahwa fast track women (wanita yang menjadi manajer setelah 5 tahun bekerja) selalu mengikuti perkembangan teknologi di antara kesibukannya sebagai ibu dan sebagai manajer.

 

Survei terbaru yang dilakukan oleh Accenture ini mengungkapkan bahwa 64 persen perempuan fast track rutin mempelajari teknologi terbaru. Sementara itu, hanya 40 persen perempuan dengan karier lambat yang mempelajari teknologi. Yang lebih mengejutkan lagi, ternyata mayoritas perempuan fast track adalah ibu dan hanya 18 persen yang tidak memiliki anak. Sisanya, 33 persen adalah ibu dengan 1 anak, 33 persen adalah ibu dengan 2 anak, dan 16 persen adalah ibu dengan 3 anak atau lebih. Jadi, jangan malas mempelajari teknologi terbaru ya, Moms.

 

2. Strategi dalam berkarier
Jika Anda ingin karier menanjak dengan cepat maka perlu ada strategi yang diterapkan. Salah satunya dengan menjadi lebih proaktif dalam pekerjaan. Dalam survei Accenture yang bertajuk “Menuju Kesetaraan 2017: Leading in the New” juga diungkap bahwa 64 persen perempuan fast track lebih proaktif dalam meminta kenaikan gaji.



 

3. Penggunaan teknologi
Tidak hanya media sosial yang marak saat ini. Masih banyak lagi kegunaan teknologi yang bisa dimanfaatkan oleh perempuan yang bekerja atau memiliki bisnis. Misalnya, menggunakan teknologi untuk belajar lewat online course, mengikuti webinar (web-based seminar), atau membaca e-book. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan teknologi untuk bekerja dari rumah. Mengikuti tren dan berita terbaru juga penting untuk beberapa sektor usaha, termasuk membuka online shop.

 

“Pegawai perempuan lebih mampu memanfaatkan peluang penting yang berguna untuk meningkatkan karier mereka di era digital. Selain itu, pegawai perempuan dianggap lebih mampu dalam menggunakan kemajuan teknologi digital untuk pekerjaan multitasking, misalnya mengatur perjalanan dan mengelola tugas di luar kantor,” ujar Neneng Goenadi, country managing director Accenture Indonesia.

 

Wah, ternyata teknologi memiliki peran penting dalam kemajuan karier ya, Moms! (Nadia/HH/Dok. Pixabay.com)



Tags: karir,   teknologi,   ibu,   working_mom