Mother&Baby Indonesia
5 Manfaat ASI untuk Kulit dan Kecantikan

5 Manfaat ASI untuk Kulit dan Kecantikan

Selain sebagai makanan pertama untuk bayi, ASI juga bermanfaat sebagai sumber nutrisi dan membentuk sistem imunitas yang baik pada bayi. Karena manfaatnya yang besar itu, banyak orang yang beranggapan kalau ASI juga bisa digunakan untuk hal lain, contohnya untuk merawat kulit dan kecantikan.

Meski belum ada bukti konkret mengenai hal ini, namun beberapa perempuan terutama di luar negeri sudah menggunakannya untuk merawat kecantikan mereka. Seperti apa? Berikut di antaranya:

 



1. Mengobati jerawat
Susu atau ASI dipercaya memiliki sifat anti-bakteri sehingga ampuh untuk mengobati jerawat. Cukup oleskan ASI pada bagian wajah berjerawat dan tunggu selama beberapa menit.


2. Pembersih wajah
Susu memiliki sifat anti-aging dan dapat membersihkan noda sehingga bisa digunakan untuk membersihkan wajah. Penggunaannya seperti facial wash pada umumnya, dengan mengaplikasikan ASI seperti sabun pada wajah, usap perlahan, kemudian bilas hingga bersih. Untuk hasil yang lebih maksimal, campurkan ASI dengan madu.


3. Sabun mandi
Apabila ASI bisa digunakan sebagai pembersih wajah, maka bermanfaat juga untuk membersihkan tubuh. Bahkan sebuah perusahaan SpeckedMilk memproduksi sabun yang mengandung ASI, lho. ASI terlebih dahulu dicampur dengan olive oil dan coconut oil sebelum dibentuk menjadi sabun.




4. Kondisioner rambut
Seorang blogger kecantikan, Curly Nikki merekomendasikan protein dan lemak di dalam ASI dapat bermanfaat menguatkan dan membuat rambut tampak berkilau. Selain itu, ternyata bisa mengurangi keriting pada rambut.


5. Bahan facial
Beberapa tahun silam, salon Mud Facial Bar di Amerika Serikat sempat viral di media sosial karena menawarkan facial berbahan ASI. Mereka percaya bahwa ASI dapat lebih berkhasiat daripada susu hewan untuk merawat kecantikan seseorang.

Nah, bagaimana dengan Anda, Moms? Tertarik mencobanya? (Meiskhe/HH/dok.Pexels)



Tags: asi,   manfaa,   kulit,   perawatan,   kecantikan,   kosmetik,   cantik,   segar










Cover Mei-Juni-Juli 2020