Mother&Baby Indonesia
5 Manfaat Berkebun Bagi Kesehatan Fisik dan Mental

5 Manfaat Berkebun Bagi Kesehatan Fisik dan Mental

Menghabiskan waktu dengan melakukan aktivitas berkebun tentunya menjadi kenikmatan tersendiri. Anda dapat menanam tanaman baru, menyiram bunga atau sekadar menata tanaman agar  tampak rapi dan segar. Nah, selain taman menjadi terlihat rapi, berkebun juga memiliki manfaat bagi kesehatan Anda, lho. Berikut di antaranya:

 

1. Meningkatkan Mood
Menurut Preventive Medicine Reports, berkebun memiliki berbagai manfaat menata suasana hati, seperti mengurangi depresi, kecemasan dan kemarahan, serta meningkatkan kebahagiaan. Sebuah penelitian di Belanda juga mengemukakan bahwa berkebun adalah salah satu penghilang stres dibandingkan rekreasi ke luar kota.



 

2. Menurunkan Berat Badan
Anda ingin menurunkan berat badan tanpa perlu pergi ke gym? Cobalah dengan berkebun yang ternyata dapat membakar kalori pada pinggang Anda. American Council on Exercise melaporkan bahwa berkebun membakar sekitar 300 kalori per jam. Bila dibandingkan dengan  berjalan cepat yang membakar ke atas dari 230 kalori per jam, lebih baik berkebun, ya!

 

3. Lebih Produktif
Ketika dikelilingi oleh tanaman, kita cenderung menjadi lebih produktif dan kreatif. Ini adalah alasan yang baik untuk menambah tanaman di sekitar Anda. Berkebun menurunkan risiko demensia sebesar 36 persen.



 

4. Lebih Aktif
Berkebun memang cocok untuk segala usia. Misalnya, Anda menanam beberapa tanaman, maka Anda akan mempelajari memilih pupuk, menanam, menutup akar tanaman dengan tanah, menyiram dan beberapa aktivitas berkebun lainnya. Kegiatan fisik inilah yang membuat Anda menjadi aktif karena Anda tidak hanya menanam saja tapi nanti akan ada kegiatan memanen, mencampurkan pupuk dan lain-lain.

 

5. Makanan Sehat Hasil dari Kebun
Menurut penelitian dari American Journal of Public Health, orang dewasa akan mengonsumsi hasil kebun sendiri yang terdiri dari sayur atau buah yang segar. Tidak hanya itu, tentu saja memakan hasil kebun sendiri akan terasa lebih segar dibandingkan dari supermarket karena tanpa bahan pengawet.  (Seva/HH/Dok. freepik)



Tags: berkebun,   gardening,   kesehatan










Cover Mei-Juni-Juli 2020