Mother&Baby Indonesia
Tips Hemat Listrik di Rumah Agar Tagihan Tak Membengkak

Tips Hemat Listrik di Rumah Agar Tagihan Tak Membengkak

Penggunaan listrik memang sangat mempermudah tugas Anda. Misalnya, memanaskan makanan menggunakan microwave, mencuci baju hingga kering tanpa perlu menjemur, hingga penggunaan Air Conditioner agar rumah selalu sejuk. Tapi, apakah Anda tahu bahwa biaya listrik dapat semakin membengkak karena penggunaan barang-barang elektronik tersebut? Nah, berikut tips untuk menghemat listrik:

 

1. Matikan AC Bila Ruangan Tak Dipakai
Jangan lupa untuk selalu mematikan AC saat ruangan  tidak lagi digunakan. Misal, saat Anda pergi ke kantor, pastikan AC di kamar Anda mati dan beberapa kamar lain juga dimatikan.



 

2. Bijak Gunakan Mesin Cuci
Gunakanlah mesin cuci baju dengan bijak. Sebaiknya, hindari mencuci pakaian yang terlalu sedikit, misalnya tidak sampai 10 helai pakaian. Bila perlu, gunakan mesin cuci hanya dua hari sekali  untuk menghindari terlalu sering mencuci dan menggunakan listrik. Mencuci menggunakan air dingin juga dapat menjadi pilihan Anda. Pasalnya, bila mencuci menggunakan air hangat akan memerlukan energi tambahan yang besar.

 

3. Cabut Charger dari Soket Listrik
Sering menggunakan charger untuk smartphone Anda dan lupa untuk mencabutnya dari soket listrik? Sebaiknya segera cabut charger dari soket listrik karena akan tetap mengantarkan daya listrik  walaupun smartphone sudah tidak tersambung.

 



4. Buka Jendela
Bukalah jendela untuk mendapatkan udara yang segar. Bila perlu, buka beberapa jendela sebagai pengganti AC dan agar sirkulasi di rumah terjaga baik.

 

5. Matikan Sambungan Listrik
Mematikan seluruh sambungan listrik yang tidak terpakai dapat juga menghemat energi di dalam rumah Anda. Lampu dan beberapa alat pengantar listrik lainnya bila tidak terpakai dapat Anda cabut dari sambungan listrik. Lalu, pasang kembali saat Anda ingin memakainya.

Nah, selamat mencoba. Semoga tagihan rekening listrik di rumah Anda menjadi berkurang ya, Moms! (Seva/HH/Dok. freepik)

 



Tags: listrik,   keuangan,   ruamh tangga








Cover Januari - Februari 2020