Mother&Baby Indonesia
Cara Mengobati Saraf Kejepit saat Hamil

Cara Mengobati Saraf Kejepit saat Hamil

Dijawab oleh dr. Dara Ardiansjah Dara, Sp.OG, spesialis obgyn MRCC Siloam Hospital Semanggi, Jakarta.


T: Dok, saat ini saya sedang hamil dengan usia kandungan 35 minggu dan memiliki masalah saraf kejepit. Selama hamil, saya rutin menjalani fisioterapi, namun rasa sakit dan nyeri pada pinggang hingga lutut dapat muncul kapan saja. Apakah gel vitamin sendi tetap aman digunakan selama hamil?

 





J: Tekanan berlebih pada saraf oleh jaringan sekitarnya biasa dikenal dengan sebutan saraf kejepit. Kondisi ini dapat menyebabkan rasa sakit, kebas, kesemutan dan lemah fisik. Karena saraf menjalar sepanjang tubuh, maka saraf kejepit bisa terjadi di beberapa lokasi di dalam tubuh. Penyebabnya pun berbeda-beda tergantung pada lokasi nyeri. Untuk menangani saraf kejepit salah satunya adalah dengan mengurangi aktivitas fisik pada bagian yang mengalami nyeri. Pemberian obat untuk meredakan rasa sakit dan peradangan juga diperbolehkan. Pada masa kehamilan, vitamin pereda nyeri berbentuk gel aman digunakan. Masalah saraf kejepit sebenarnya cukup serius, oleh karena itu untuk mendapatkan penanganan yang baik dan optimal, sebaiknya Anda juga berkonsultasi dengan dokter spesialis saraf. (Meiskhe/HH/dok.M&BUK)



Tags: ibu,   kehamilan,   syaraf_kejepit,   kram,   kebas,   penyakit,   gejala,   sakti_pinggang. sendi,   vitamin,   syara










Cover Mei-Juni-Juli 2020