Mother&Baby Indonesia
Perhatikan Masa Pemulihan Pasca Operasi Caesar

Perhatikan Masa Pemulihan Pasca Operasi Caesar

Dijawab oleh dr. Ardiansjah Dara, Sp.OG, spesialis kandungan dari MRCC Siloam Hospital Semanggi, Jakarta.


T: Dok, dua bulan lalu saya melahirkan lewat operasi caesar dan hingga sekarang masih terasa sakit. Rasanya nyeri seperti disayat. Apakah hal tersebut normal dan bagaimana mengurangi rasa nyerinya?

 



J: Rasa nyeri setelah operasi caesar terkadang memang bisa lebih lama dirasakan oleh beberapa orang. Jika tidak ada komplikasi pada luka operasi, seperti bengkak pada bekas irisan atau luka menjadi basah, maka nyeri dapat terjadi akibat ambang nyeri seseorang yang cukup sensitif. Hal tersebut sangatlah subjektif terjadi. Nyeri terkadang muncul saat otot perut berkontraksi, seperti saat bangun dari tidur, mendorong atau meniup sesuatu, serta pada saat udara sangat dingin seperti pada pagi hari.

 



Pemulihan ibu yang bersalin secara caesar tidak sama dengan yang bersalin normal. Oleh karena itu, Anda perlu berkonsultasi dengan dokter bagaimana cara pemulihan yang tepat. Salah satu yang perlu Anda perhatikan adalah Anda tidak dapat beraktivitas seperti biasanya pasca operasi. Dengan demikian, saat berada di rumah mintalah bantuan orang lain untuk membantu mobilitas Anda. Selama beberapa hari, Anda akan kesulitan mengambil barang yang sangat berat atau hanya sekadar mengangkat bayi Anda.

 

Selain itu, perhatikan tanda-tanda infeksi pada minggu-minggu pasca caesar Anda. Jika Anda merasakan demam, luka Anda akan menjadi lebih menyakitkan. Waspadalah jika luka Anda terlihat meradang, mengalami perdarahan atau bernanah, dan timbul rasa sakit atau tidak nyaman saat Anda buang air kecil, segera hubungi dokter. (Meiskhe/HH/Dok. M&B UK)



Tags: persalinan,   operasi_caesar,   normal,   pemulihan,   infeksi,   dokter_kandungan,   ahli










Cover April 2020