Mother&Baby Indonesia
3 Tips Memilih Sereal yang Sehat untuk Anak

3 Tips Memilih Sereal yang Sehat untuk Anak

Sereal adalah salah satu jenis sarapan yang mudah dibuat. Namun, banyak ibu yang ragu memberikan sereal pada Si Kecil dan suami, karena khawatir sereal mengandung banyak gula, sedikit protein, dan nutrisi lainnya. Dengan sedikit pengamatan, Anda tetap bisa memilih sereal yang bernutrisi bagi keluarga. Berikut hal-hal yang harus Anda perhatikan:

 

1. Serat



Carilah sereal yang mengandung whole grain atau gandum utuh. “Gandum terdiri dari kulit ari, endosperm, dan inti. Pada refined grain (gandum olahan), bagian kulit dan endosperm sudah dihilangkan. Padahal bagian tersebut mengandung banyak serat, vitamin, dan mineral,” ujar Sari Sunda Bulan, ahli gizi senior dari PT Nafas Nutri Sejahtera, saat ditemui di acara Nestle Cereal Master Class di Jakarta pada Selasa, (21/3).

 

Untuk mengetahuinya, Anda dapat membaca kotak daftar nutrisi di bagian samping sereal. Pastikan Anda memilih sereal yang menuliskan gandum utuh di bagian pertama. BPOM membuat aturan untuk menuliskan bahan sesuai banyaknya komposisi dalam sebuah produk. Dengan memilih sereal yang menuliskan gandum utuh pada urutan pertama, Anda mendapatkan sereal yang didominasi oleh bahan tersebut. Kebutuhan serat per hari adalah 3 gram per porsi.

 

2. Batasi Sodium



Beberapa orang mengonsumsi sereal sampai 2 porsi agar lebih mengenyangkan. Walaupun Anda mendapatkan kalori yang cukup, Anda bisa kelebihan sodium. Pasalnya, 1 porsi sereal mengandung sekitar 200 mg sodium dan tambahan 100 mg lagi dari segelas susu yang dicampurkan dalam sereal.

 

Untuk itu, carilah sereal yang mengandung sodium kurang dari 240 mg. Sementara itu, untuk membuat Anda lebih kenyang, Sari menyarankan untuk menambahkan pisang dan kacang-kacangan dalam sereal.

 

3. Gula Paling Rendah
Dikutip dari Eatingwell.com, carilah sereal yang menuliskan gula sebagai bahan terakhir pada daftar bahan, karena itu berarti gula adalah bahan paling sedikit dalam produk tersebut. Selain itu, Anda sebaiknya waspada terhadap bentuk lain gula, seperti konsentrat jus atau buah kering yang sudah ditaburi gula. Daripada menggunakan sereal dengan buah kering, lebih baik Anda menggunakan buah segar. Beberapa pilihan adalah pisang atau varian buah berry yang mengandung antioksidan. (Nadia/HH/Dok. Pixabay.com)



Tags: sarapan,   sehat,   gula,   balita,   anak,   nutrisi,   sereal








Cover Maret 2020