Mother&Baby Indonesia
Riset: Buah dan Sayur

Riset: Buah dan Sayur 'Obat' Stres yang Ampuh

Moms, selain manfaat kesehatan karena mengandung serat yang cukup banyak, sayuran hijau ternyata juga dapat mengurangi stres, lho!

 

Hal Ini berdasarkan pada penelitian sebelumnya yang menemukan bahwa sayuran hijau, seperti bayam, kaya akan folat, membantu meningkatkan produksi stabilisator suasana hati di otak termasuk serotonin dan dopamin.



 

Para peneliti menemukan, orang yang makan 3-4 porsi harian sayuran memiliki risiko stres 12 persen lebih rendah dibandingkan makan satu porsi atau tidak sama sekali. Manfaat yang lebih jelas justru terlihat saat wanita makan 3-4 porsi harian sayuran yang memiliki risiko stres 18 persen lebih rendah. Sedangkan, wanita yang makan 5-7 porsi memiliki risiko stres 23 persen lebih rendah.



 

Mereka sebelumnya menemukan fakta bahwa konsumsi buah saja tidak berdampak pada berkurangnya stres. Namun, ketika asupan buah diimbangi dengan sayuran, kemungkinan mengalami depresi pun sangat rendah.


"Kami menemukan bahwa buah dan sayuran lebih protektif di tubuh perempuan ketimbang laki-laki. Penelitian ini menunjukkan, perempuan dapat mengambil manfaat yang lebih banyak dari buah dan sayuran," ujar Binh Nguyen, PhD, peneliti dari University of Sydney. (Seva/HH/Dok. freepik)



Tags: sayur,   kesehatan,   healthy basic