Mother&Baby Indonesia
Riset Terbaru: Wanita Indonesia Abaikan Kesehatan Diri

Riset Terbaru: Wanita Indonesia Abaikan Kesehatan Diri

Survei terbaru menunjukkan, kesehatan fisik menjadi prioritas keempat bagi para wanita di Indonesia. Sedangkan, karier berada pada peringkat kelima atau menjadi prioritas terakhir bagi wanita.

 
Nah, Anda tentu bisa menebak apa yang menjadi prioritas pertama, kan, Moms? Ya, prioritas pertama para ibu adalah keluarga!


Ternyata, banyak ibu yang melupakan kesehatan dirinya karena selalu memikirkan keluarganya terlebih dahulu. Hal ini juga diakui oleh artis dan musisi Titi Rajo Bintang. “Akhir-akhir ini saya sering masak. Saya sibuk memasak makanan kesukaan suami dan anak. Hingga akhirnya, setelah selesai masak, saya justru  sudah tidak berselera makan,” ujar Titi yang ditemui pada konferensi pers Anlene #TetapBisa di Jakarta, Rabu (8/3).


Survei dari Fonterra Brands Indonesia dan Perhimpunan Osteoporosis Indonesia (PEROSI) itu melibatkan 500 ibu 5 kota besar di Indonesia. Hasil survei ini juga mengungkap bahwa naluri keibuan yang kuat membuat 2 dari 3 wanita menyatakan takut tidak bisa mengurus keluarga di hari tua karena keterbatasan yang diakibatkan  masalah kesehatan.
 

“Pada Hari Perempuan Internasional kali ini, kami ingin menyoroti statistik dari hasil survei kami dan apa yang bisa dilakukan oleh wanita Indonesia untuk lebih memerhatikan kesehatan dan kesejahteraan mereka. Bukan hanya demi diri sendiri, tetapi juga demi orang-orang yang mereka cintai,” ujar Rohini Behl, marketing director, Fonterra Brands Indonesia.
 

Untuk menjaga kesehatan, Anda tentu harus sering berolahraga dan mengonsumsi asupan yang bernutrisi. Gaya hidup sehat menjadi kuncinya. Namun, dengan kesibukan seorang ibu, hal tersebut menjadi cukup sulit. Survei yang sama menunjukkan, 66 persen wanita Indonesia mengerjakan minimal 9 jenis pekerjaan per hari, seperti memasak, membersihkan rumah, mencuci pakaian, mengepel, dan lainnya. Dengan kesibukan yang cukup padat, 1 dari 3 wanita mengaku tidak memiliki waktu untuk diri sendiri, baik itu waktu untuk bersantai atau berolahraga.

Menurut dr. Andi Kurniawan Sp.KO, spesialis kedokteran olahraga dan Sekretaris Jenderal PEROSI, para wanita sebaiknya menemukan celah waktu untuk berolahraga rutin setiap hari. “Untuk mencapai hasil yang maksimal, latihan fisik harus teratur dan terukur, setidaknya 30 menit per hari, 5 kali seminggu,” ujar dr. Andi.
 



Latihan yang dianjurkan cukup mudah lho, Moms. Misalnya, aerobik, berjalan cepat, lari, atau naik turun tangga. Untuk Anda yang memiliki bayi atau balita, Anda dapat mengajak Si Kecil berolahraga bersama. Misalnya, mendorong stroller Si Kecil sambil jogging. Banyak pula video dan artikel yang mengajarkan cara berolahraga bersama Si Kecil.



Yuk Moms, mulai memerhatikan kesehatan diri Anda! (Nadia/HH/Dok. M&B UK)

 



Tags: ibu,   survey,   kesehatan










Cover Mei-Juni-Juli 2020