Mother&Baby Indonesia
5 Manfaat Bayam untuk Kesehatan dan Kecantikan

5 Manfaat Bayam untuk Kesehatan dan Kecantikan

Siapa yang menyangka kalau bayam ternyata memiliki segudang manfaat.  Nah, berikut beberapa manfaat bayam:

 

1. Mencegah Kanker

Bayam mengandung karotenoid, pigmen yang ditemukan dalam tanaman yang berfungsi sebagai antioksidan untuk menghilangkan radikal bebas yang berbahaya. Menurut American Institute of Cancer Research, makanan dengan karotenoid dapat membantu mencegah kanker mulut, faring, dan laring. Makanan mengandung karotenoid bahkan dapat memperlambat penyebaran kanker payudara, kanker paru-paru, kanker perut, dan kanker kulit.



 

2. Kesehatan Tulang

National Osteoporosis Foundation merekomendasikan bayam sebagai sumber  vitamin K yang terbukti dapat meningkatkan kepadatan tulang bahkan mencegah patah tulang.

 

3. Mencegah Konstipasi

Sering susah buang air besar? Makan bayam menjadi cara lain agar tidak terjadi konstipasi pada tubuh Anda. Kenapa? karena kandungan magnesium membantu Anda melancarkan kinerja usus.

   



Baca juga: Mengatasi Konstipasi Saat Hamil


4.  Menyehatkan Rambut dan Kulit

Anda tidak perlu menghabiskan ratusan ribu untuk mendapatkan rambut yang sehat. Bayam memiliki sejumlah  vitamin A dan C yang tinggi dan keduanya berfungsi sebagai produk kecantikan alami. Vitamin A membantu  melumasi kulit dan rambut Anda. Sedangkan, vitamin C dapat memperkuat rambut Anda.

 

5. Kesehatan Mata

Bayam memiliki salah satu vitamin yang paling penting bagi mata, yaitu lutein. Antioksidan ini dapat mengurangi risiko katarak. Nah, masih ragu untuk makan bayam? (Seva/HH/Dok. freepik)

 



Tags: bayam,   sayur,   kesehatan








Cover Maret 2020