Mother&Baby Indonesia
Ayah Bisa Rasakan Tendangan Bayi dengan Gelang Ini

Ayah Bisa Rasakan Tendangan Bayi dengan Gelang Ini

Merasakan tendangan bayi di dalam rahim adalah momen luar biasa bagi orang tua. Kini, bukan hanya ibu saja yang dapat merasakan tendangan pertama itu, tetapi ayah juga bisa, lho! Hal ini bisa terjadi berkat sebuah alat canggih bernama Fibo. Fibo adalah “gelang pintar” ciptaan mahasiswa jurusan teknologi dari Copenhagen School of Design & Technology di Denmark.

 

“Kami ingin para ayah bisa terlibat lebih banyak di kehamilan, karena selama ini hanya ibu yang merasakan kehadiran seorang bayi dalam tubuhnya,” ujar Sandra Pétursdóttir, kepala peneliti dan humas Fibo, seperti dilansir dari Huffington Post.



 

Sandra dan kedua temannya mendirikan sebuah perusahaan startup Fibo Bond Wearables untuk mengembangkan gelang Fibo. Cara kerja Fibo cukup sederhana. Ibu hamil menggunakan alat yang dapat memonitor setiap tendangan bayi di perutnya selama akhir trimester pertama. Kemudian, Fibo akan merekam semua tendangan dan gerakan bayi.

 



Gelang Fibo berisi 4 manik-manik kecil akan meniru gerakan bayi dengan memutar dan menekan pergelangan orang yang memakainya. Si Pemakai akan merasakan tendangan bayi secara real time. “Dengan Fibo, kami harap istri bisa berbagi pengalaman kehamilan dengan suami. Ketika mutiara di dalam gelang mulai berputar, ayah akan tahu bahwa bayinya sedang menendang tanpa perlu lagi menempelkan tangannya di atas perut ibu. Ayah bisa merasakannya di manapun berada,” kata Sandra.

 

Saat ini, gelang Fibo masih dalam tahap pengujian pada beberapa pasangan yang sedang menanti kehadiran bayi mereka, sehingga belum tersedia di pasaran. Bagi Moms, yang menginginkan alat ini diharap bersabar, ya. (Meiskhe/TW/Dok. Huffington Post)



Tags: ayah,   ibu,   kehamilan,   teknologi,   alat,   deteksi,   rekam,   monitor,   gelang_pintar,   fibo








Cover Januari - Februari 2020