Mother&Baby Indonesia
Dampak Buruk Bila Anak Sering Dibentak

Dampak Buruk Bila Anak Sering Dibentak

Apakah Anda sering berteriak, memukul atau menggunakan ancaman fisik sebagai hukuman bagi Si Kecil? Jika demikian, anak Anda akan berisiko tinggi mengalami kendala atau masalah di sekolah.

 

Penelitian terbaru mengemukakan bahwa orangtua yang sering berteriak, membentak, memukul, atau menggunakan ancaman fisik kepada Si Kecil dapat berpengaruh negatif terhadap pendidikan Si Kecil. “Dalam studi yang kami lakukan, orang tua yang mendidik anak dengan kasar, dapat menurunkan pengaruh pendidikan akademik anak,” ujar Rochelle F. Hentges dari University of Pittsburgh di Pennsylvania, AS.



 

Menurut penelitian tersebut, anak yang dibesarkan dengan kekerasan kemungkinan besar akan memilih kelompok usia sebaya dan tidak pernah mengikuti aturan orang tua. Hal tersebut, dapat membuat mereka terlibat dalam perilaku yang lebih berisiko saat berusia remaja. Perempuan remaja akan lebih sering terlibat dalam perilaku seksual, sedangkan laki-laki remaja akan masuk dalam perbuatan pencurian atau pemukulan.



 

Tidak hanya itu, penelitian juga mengungkapkan bahwa anak menjadi sering berkelompok bersama teman yang lain dibandingkan dengan keluarganya hingga melanggar beberapa aturan keluarga yang tidak mereka sukai. (Seva/HH/Dok. freepik.com)



Tags: anak,   pendidikan,   menghukum anak










Cover April 2020