Mother&Baby Indonesia
Cegah 7 Kecelakaan yang Sering Dialami Anak

Cegah 7 Kecelakaan yang Sering Dialami Anak

Semakin meningkat kemampuan Si Kecil, risiko kecelakaan yang dialami juga semakin tinggi. Misalnya, saat Si Kecil sudah bisa merangkak, berjalan dan berlari maka besar kemungkinan ia akan menabrak sesuatu dan terjatuh.

 

Menurut Mother&Baby.co.uk, kanak-kanak di Inggris paling sering mengalami kecelakaan di dapur dan di tangga. Anak laki-laki lebih berisiko mengalami kecelakaan dibanding anak perempuan. Biasanya kecelakaan itu terjadi karena kanak-kanak belum memahami konsekuensi untuk sesuatu yang dilakukan dan beberapa juga karena ingin 'pamer' kemampuan.



 

Nah, berikut adalah kecelakaan pada Si Kecil yang perlu Anda waspadai:

1) Jatuh
Jatuh adalah kecelakaan paling umum dialami kanak-kanak. Jatuh bisa berupa tersandung yang merupakan skala ringan. Sedangkan, jatuh dari kursi, stroller, tempat tidur, serta tangga yang merupakan skala berat. Untuk mencegah Si Kecil jatuh, sebaiknya Anda membuat pintu pada bagian bawah dan atas tangga, mengganti karpet yang rusak supaya Si Kecil tidak tersandung dan hindari meletakkan benda di lantai ataupun tangga supaya tidak terinjak Si Kecil.


2) Luka bakar atau melepuh
Kulit anak-anak berbeda dengan dewasa. Kulit mereka sangat sensitif sehingga harus berhati-hatilah saat memberikannya gelas berisi air panas untuk dipegang. Minuman panas yang sudah didiamkan selama 15 menit bisa membuat kulit anak melepuh lho, Moms. Hindari pula Si Kecil menyalakan air panas di kamar mandiri sendiri. Selain itu, hati-hati meletakkan setrika, hairdryer, pelurus rambut, korek api, rokok, ataupun alat penghasil panas lainnya.




3) Kecelakaan yang berkaitan dengan kaca atau beling
Biasanya di rumah ada beberapa furnitur yang terbuat dari kaca seperti meja, jendela, dan lemari. Sebelum membeli peralatan berbahan kaca, Anda perlu memeriksa apakah cukup aman. Saat kaca pecah, Anda harus cepat membersihkan dan membuangnya.


4) Keracunan
Anak-anak selalu penasaran. Ketika melihat obat-obatan dan bahan kimia yang bisa dijangkau, kemungkinan ia akan mengambil dan memasukkannya ke dalam mulut. Oleh karena itu semua obat dan bahan kimia yang diperlukan untuk rumah tangga harus disimpan dalam lemari tertutup dan sulit dijangkau Si Kecil.


5) Tersedak
Anak-anak bisa menelan dan tersedak oleh benda-benda kecil seperti mainan dan kelereng. Oleh karena itu, perhatikan saat membeli mainan untuk Si Kecil. Hindari membeli mainan yang berisiko membuat Si Kecil tersedak. Selain itu, jauhkan kantong plastik dari jangkauan Si Kecil, karena bisa dikenakan untuk bemain-main menutupi kepala. Kantong plastik tidak memiliki lubang udara sehingga membuat Si Kecil sulit bernapas.


6) Tercekik tali
Perhatikan kembali semua tali yang ada di rumah Anda. Apakah sudah tersimpan dengan baik dan jauh dari jangkauan Si Kecil? Beberapa kasus kematian terjadi karena anak bermain tali hingga tanpa sengaja mencekik leher. Jangan sampai hal ini terjadi kepada Si Kecil ya, Moms.


7) Tenggelam
Jangan pernah meninggalkan Si Kecil di kamar mandi tanpa pengawasan, walau hanya sebentar atau sedang bersama Si Kakak. Anda tidak pernah tahu apa yang terjadi. Si Kecil bisa saja masuk ke bak mandi dan sulit keluar. Jika Anda punya kolam kecil di taman, lebih baik pagari kolam itu. Jika punya kolam renang maka selalu pastikan pintu menuju kolam renang terkunci. (Meiskhe/HH/dok.M&B UK)



Tags: balita,   kecelakaan,   jatuh,   waspada,   hati_hati,   luka,   sakit










Cover Mei-Juni-Juli 2020