Mother&Baby Indonesia
Trik Kenalkan Tanggung Jawab kepada Balita

Trik Kenalkan Tanggung Jawab kepada Balita

Si Kecil sudah beranjak besar, tetapi ia belum mau membereskan mainannya sendiri setelah digunakan? Ia juga hanya mau disuapi saat makan? Jika ya, maka mau tidak mau Anda perlu sedikit 'keras' kepadanya. Keras tidak berarti memarahi atau mengomeli Si Kecil ya, Moms. Tetapi Anda sedikit 'keras' itu dimaksudkan Anda sudah harus mengenalkannya tanggung jawab kepadanya. Bertanggung jawab untuk membereskan mainannya sendiri ataupun makan sendiri.

 

Lalu, bagaimanakah caranya? Psikolog Rosdiana Seytaningrum mengatakan Si Kecil harus punya tanggung jawab meski hal-hal kecil sekalipun, karena rasa tanggung jawab adalah salah satu modal penting baginya untuk tumbuh dewasa. Namun persoalannya adalah anak di usia balita sebenarnya belum memahami betul apa itu tanggung jawab dan bagaimana cara bertanggung jawab, sehingga yang bisa dilakukan orangtua adalah memperkenalkannya tentang tanggung jawab secara perlahan.



 

Caranya bisa dimulai dari hal-hal kecil, seperti membiasakan Si Kecil melakukan sesuatu secara rutin dan teratur. Bila perlu, buatkan jadwal bangun, mandi, makan, bermain, belajar, dan tidur. Biasakan pula melatih Si Kecil untuk mengganti baju sepulang dari sekolah atau sekedar menaruh sepatu di tempat semula.

 



Selain itu, Anda harus mendampingi Si Kecil ketika melakukan aktivitasnya sehari-hari. Misalnya menemaninya saat belajar. "Jangan biarkan Si Kecil belajar sendiri, sementara Anda sibuk membaca majalah atau malah bermain dengan gadget. Hal ini tentunya akan mengganggu proses belajarnya. Anda tahu kan, balita sangat suka menyontoh hal-hal yang dilakukan orang dewasa. Apabila Anda melakukan hal menyenangkan, maka ia juga ingin melakukan hal tersebut," jelas Diana yang juga pengasuh rubrik Dear Diana di majalah Mother&Baby Indonesia.

 

Nah, sebagai penghargaan karena telah belajar atau berhasil melakukan tugasnya dengan baik, Anda boleh memberikan Si Kecil hadiah atau reward. Reward dapat berupa menemaninya bermain, berenang, jalan-jalan, atau melakukan hal-hal yang disukai bersama Si Kecil. Hindari memberikan Si Kecil makanan seperti cokelat, kue, atau es krim  ya, Moms. Kalau hadiahnya makanan, Si Kecil kemungkinan akan bernegosiasi dengan Anda untuk meminta tambahan hadiah. Seiring berjalannya waktu, Si Kecil akan menunjukkan rasa bertanggung jawab, dan reward itu boleh Anda kurangi. (Meiskhe/TW/Dok. M&B UK)



Tags: balita,   tanggung_jawab,   psikologi,   ahli,   reward,   nilai,   moral








Cover Maret 2020