Mother&Baby Indonesia
Waspada! Video Kartun Palsu di YouTube

Waspada! Video Kartun Palsu di YouTube

Ribuan film kartun dengan isi cerita yang tidak pantas ditonton anak-anak beredar di YouTube. Yang menjadi masalah adalah, film kartun tersebut memakai tokoh-tokoh kartun populer seperti Elsa dari Frozen, Pippa Pig, Thomas, Mickey Mouse, Minions, Doc McStuff, dan banyak lagi.

Laura June, wartawan dari BBC.com, yang juga orangtua dari seorang balita menuliskan laporan lengkap mengenai film kartun palsu ini.

“Di cover film akan ditemukan gambar tokoh kartun kesukaan anak-anak, tetapi ketika dimainkan, film itu berisi adegan-adegan mengerikan yang tidak layak ditonton anak-anak. Misalnya, adegan Pippa Pig yang berubah menjadi zombi dengan suara mengerikan, atau Elsa yang tangannya dipatahkan oleh Spiderman,” tulis Laura.



Adegan-adegan sadis itu tentu akan mengganggu kejiwaan anak-anak karena mereka akan menjadi ketakutan dan merasa tidak nyaman. Animasi palsu itu dibuat sangat menyerupai kartun asli. Sehingga menurut Laura, anak-anak akan bersikukuh dan memercayai bahwa kartun itu adalah kesukaan mereka.



“Orangtua sebaiknya memerhatikan benar tontonan yang dipilih anak-anak mereka. Saya perhatikan beberapa adegan memang sangat tidak layak ditonton karena mengandung unsur kekerasan dan pornografi,” ungkap Laura.

BBC.com telah berusaha menghubungi akun yang mengunggah video-video tersebut di YouTube tetapi belum mendapatkan respons. Sementara, produsen asli tokoh kartun tersebut juga belum memberikan tanggapan. Laura menyarankan agar orangtua yang menemukan video tersebut di YouTube melaporkan akun tersebut sebagai akun yang menyebarkan video tidak layak ditonton. (Sandra Ratnasari)



Tags: video,   kartun,   palsu,   anak-anak,   youtube,   peppa pig,   elsa,   thomas,   minion,   mickey mouse










Cover Mei-Juni-Juli 2020