Mother&Baby Indonesia
Lagu The Happy Song Terbukti Membuat Bayi Tertawa Riang

Lagu The Happy Song Terbukti Membuat Bayi Tertawa Riang

Tertawa adalah salah satu tanda bahwa bayi bahagia, dan ternyata musik bisa menjadi sumber kebahagiaan itu. Ahli meyakini ada jenis musik tertentu yang bisa membuat bayi tertawa. Kira-kira musik yang seperti apa, ya?

 

Untuk mencari tahu, ahli tumbuh kembang Caspar Addyman bersama psikolog musik Lauren Stewart, melakukan penelitian tentang musik yang disukai bayi. Mereka pun mengajak komposer dan penyanyi pemenang Grammy, Imogen Heap untuk menciptakan komposisi melodi dengan menentukan syarat seperti terdiri dari kord mayor, sederhana dan repetitif, ritmenya dinamis agar menarik perhatian Si Kecil dan membuatnya terkejut. Selain itu, lagu tersebut harus bertempo cepat, merefleksikan detak jantung bayi dan vokalnya harus seperti suara perempuan, karena konon bayi suka mendengar suara perempuan.



 

Untungnya Imogen memiliki bayi perempuan, Scout yang berusia 18 bulan sehingga bisa membantunya saat menciptakan komposisi tersebut. Perempuan yang pernah tergabung di duo pop Frou Frou ini membuat 4 melodi yaitu 2 bertempo cepat dan 2 lainnya bertempo lambat, lalu diuji di laboratorium. Kemudian sebanyak 26 bayi berusia 6 sampai 12 bulan diperdengarkan melodi itu dengan didampingi ayah dan ibu mereka. Hasilnya, 20 dari 26 bayi itu memiliki preferensi melodi tertentu, yang tak lain adalah melodi bertempo cepat.

 

Setelah mengetahui melodi yang membuat bayi tertawa, Imogen kemudian membuatnya menjadi sebuah lagu berjudul The Happy Song.



 

 

Yuk, coba perdengarkan kepada Si Kecil, apakah benar bisa membuatnya tertawa! (Meiskhe/dok.M&B UK)



Tags: bayi,   musik,   bahagia,   lagu,   tertawa,   riset,   melodi,   ritme,   suara,   youtube,   video








Related Article