Mother&Baby Indonesia
Minum Susu Dari Botol Picu Obesitas?

Minum Susu Dari Botol Picu Obesitas?

Coba Anda perhatikan kebiasaan minum susu si kecil. Jika usianya sudah lebih dari dua tahun, namun ia masih minum susu dari botol, kemungkinan ia akan obesitas ketika usianya 5,5 tahun. Demikian hasil penelitian Rachel A.Gooze, MPH dari Fakultas Kesehatan Masyarakat di Universitas Philadelphia, seperti yang dikutip dari Webmd.com.

 

Penelitian tersebut melibatkan sekitar 6750 anak dari seluruh USA kelahiran tahun 2001 yang menemukan bahwa satu dari empat balita masih menggunakan botol saat minum susu walau usia mereka sudah dua tahun. Dan 17,6 persen dari mereka menjadi anak-anak yang obesitas ketika usia mereka memasuki masa sekolah yaitu 5,5 tahun.



 

“Anak usia dua tahun sebenarnya sudah bisa makan dan minum di meja makan. Namun, jika ia minum susu dari botol yang biasa dilakukan di dalam mobil atau sambil tiduran, maka kalori yang akan mereka asup akan lebih besar,” ujar Gooze.



 

Selain dapat memungkinkan munculnya obesitas, minum susu dari botol juga memicu kerusakan gigi pada anak. Oleh karena itu, American Academy of Pediatric Dentistry mengimbau agar seorang anak berhenti minum susu dari botol saat usianya antara 12-14 bulan. (Lenny/TW/Dok. M&B UK)



Tags: obesitas,   penelitian,   anak,   balita,   susu,   botol_susu








Cover Maret 2020