Mother&Baby Indonesia
7 Tradisi Unik dalam Merayakan Hari Kasih Sayang

7 Tradisi Unik dalam Merayakan Hari Kasih Sayang

Banyak cara untuk menunjukkan cinta dan kasih sayang. Tidak heran kalau ada banyak tradisi unik juga dari berbagai negara dalam merayakan Hari Kasih Sayang atau Hari Valentine. Apa saja ya tradisi unik tersebut? Seperti dilansir dari Huffington Post, yuk lihat 10 tradisi unik dalam merayakan Hari Kasih Sayang di 7 negara.

 

1. Denmark



Menurut Kementerian Luar Negeri Denmark, warga di sana baru mulai merayakan Hari Valentine sejak tahun 1990an akhir. Jika Valentine biasanya dirayakan dengan memberi sekotak cokelat dan mawar merah, Denmark punya cara tersendiri. Orang Denmark biasanya memberi bunga berwarna putih yang sudah ditekan hingga pipih, dan mereka menyebutnya snowdrops.

 

Cara lainnya adalah dengan memberikan surat. Uniknya, bukan surat cinta yang diberikan, melainkan surat lelucon atau gaekkebrev dalam bahasa Denmark. Isinya adalah puisi lucu yang ditandatangi oleh titik-titik tanpa nama. Jika wanita yang menerimanya bisa menebak siapa pengirimnya, maka dia akan mendapatkan telur Paskah di tahun berikutnya.

 

 

2. Korea Selatan

Tidak ada Hari Kasih Sayang di sana, melainkan Bulan Kasih Sayang. Ya, Valentine di Korea Selatan dirayakan selama sebulan, mulai 14 Februari hingga 14 Maret. Perayaannya sama saja, yaitu berbagi cokelat, bunga, dan hadiah lainnya. Uniknya, mereka yang tidak bisa merayakan Hari Valentine karena tidak punya pasangan bisa merayakan Black Day pada 14 April. Biasanya para 'jomblo' itu akan makan jajangmyeon (pasta hitam yang terbuat dari kacang hitam) yang disajikan dalam mangkuk berwarna hitam juga.

 

3. Welsh

Sudah sejak abad 17, para pria Welsh memberikan sendok kayu yang sudah diukir sebagai tanda cintanya pada wanita yang ia sukai. Tiap gambar ukiran memiliki arti yang berbeda. Seperti gambar tapal kuda yang artinya good luck, roda sebagai bentuk dukungan, dan ukiran kunci sebagai simbol hati seorang pria.

 



4. Inggris

Di malam sebelum Hari Valentine, para wanita Inggris biasanya menyiapkan 5 lembar daun untuk disimpan di bawah bantal. Posisinya harus 1 lembar di tiap ujung bantal dan 1 lembar di tengah. Mereka percaya tradisi ini bisa membuat mereka bertemu dengan calon suami di dalam mimpi. What a sweet dream!

 

5. Filipina

Setiap tanggal 14 Februari, ratusan bahkan ribuan pasangan Filipina akan berkumpul dan melakukan nikah masal! Terlebih lokasinya selalu di tempat yang ramai, seperti mall atau area publik lainnya.

 

6. Italia

Wanita Italia yang belum menikah biasanya akan bangun tidur sebelum gelap di Hari Valentine. Mereka percaya kalau pria pertama yang mereka lihat akan menjadi suami mereka dalam 1 tahun ke depan. Tradisi lainnya adalah dengan memberikan Baci Perugina, yaitu kacang hazelnut yang dibalut cokelat dengan cetakan kata-kata romantis dalam 4 bahasa.


 

7. Afrika Selatan

Seperti di kebanyakan negara, Afrika Selatan juga merayakan Hari Valentine dengan festival, bunga, dan cokelat. Bagian uniknya ada pada lengan baju para wanita single. Mereka akan menuliskan nama pria yang mereka suka di lengan bajunya. Tradisi ini diserap dari tradisi Roma kuno yang dikenal dengan Lupercalia. Tidak jarang para pria suka mencari tahu wanita mana yang diam-diam menaruh hati padanya. (Tiffany/HH/Dok. Freedigitalphotos.net)



Tags: valentine,   pasangan,   harmonis,   romantis,   cokelat,   mawar








Cover Januari - Februari 2020