Mother&Baby Indonesia
4 Tips Mempersiapkan Kehamilan Kedua

4 Tips Mempersiapkan Kehamilan Kedua

Seiring waktu, anak pertama yang Anda lahirkan akan semakin besar. Ya, tanpa Anda sadari ia mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang demikian pesat. Terkadang muncul rasa "rindu" ingin menimang bayi lagi ya, Moms. Anda pun ingin hamil kembali dan menjalani proses persalinan untuk yang kedua kalinya.

Namun, apakah tubuh Anda sudah siap dengan hadirnya calon anak kedua? "Anda harus memastikan tubuh Anda bekerja secara efisien dan mendapatkan kondisi kesehatan yang optimal sebelum memulai merencanakan kehamilan anak kedua,” ujar Anne Charlish, ahli kebidanan dan kesuburan.

Lalu, bagaimana kiat mempersiapkan kehamilan calon anak kedua? Berikut tipsnya:

1. Luangkan Waktu Untuk Pemulihan


Penelitian menunjukkan bahwa dibutuhkan minimal 18 bulan bagi tubuh Anda agar sepenuhnya dapat pulih setelah kelahiran anak pertama. "Tubuh Anda membutuhkan waktu  untuk pulih dari kehamilan dan kelahiran sebelumnya agar dapat berfungsi kembali dengan baik," ujar Anne.

"Jika Anda sebelumnya melahirkan bayi dengan proses normal, perlu menunggu setidaknya setahun untuk kemudian Anda mencoba mempersiapkan kehamilan lagi. Akan tetapi, jika pada kehamilan sebelumnya Anda menjalani proses persalinan dengan cara operasi sectio caesarea, Anda akan membutuhkan dua tahun untuk memulihkan fisik,” tambahnya.


2. Menunggu Hormon Kembali Normal

“Kehamilan memengaruhi setiap sistem dalam tubuh Anda. Nah, semua sistem tersebut harus berfungsi secara efisien sebelum akhirnya Anda merencanakan hamil lagi,” ujar Anne. Perlu kita tahu, cadangan gizi dalam tubuh telah terkuras saat Anda hamil anak pertama. Saat kehamilan pertama itu, tubuh memberikan zat-zat gizi untuk janin  agar terpenuhi segala kebutuhan gizinya. Tubuh bahkan memberikan gizi dan nutrisi yang lebih pada janin dibandingkan Anda,” ungkapnya.

Kemudian, hormon dalam tubuh Anda juga memerlukan waktu sampai akhirnya dapat bekerja kembali secara normal. Sebagai contoh, ada beberapa orang yang mengalami menstruasi kembali setelah 1 bulan melahirkan, bahkan ada yang harus menunggu hingga 6 bulan ataupun 1 tahun. Karena itu, makanan yang bergizi sangat diperlukan untuk memperbaiki semua sistem dalam tubuh Anda, misalnya untuk membentuk cadangan nutrisi, memperbaiki hormon, dan lain-lain.

3. Konsumsi Makanan Bergizi
Sebuah studi di Amerika Serikat menemukan bahwa mencampur beberapa protein hewani seperti daging dengan protein nabati seperti kacang kedelai atau kacang polong, dapat meningkatkan kesuburan. Makanan sehat lainnya juga membantu Anda untuk mempersiapkan proses kehamilan selanjutnya. Dianjurkan pula agar Anda memerhatikan berat badan. Upayakan untuk menurunkan berat badan bila Anda kegemukan, sehingga seperti berat badan sebelum hamil. Kenapa demikian? Karena kelebihan berat badan dapat memengaruhi kehamilan kedua. “Anda akan berisiko mengalami lebih banyak komplikasi bila kelebihan berat badan,” ujar Anne.

4. Konsultasikan dengan Ahli


Dalam sebuah penelitian di Australia, 94% wanita melaporkan masalah kesehatan pada 6-7 bulan pasca melahirkan. Di antaranya adalah sakit punggung, masalah seksual, wasir, nyeri perineum dan inkontinensia urin. Ada kecenderungan pada ibu yang baru melahirkan akan mengalami masalah-masalah kesehatan tersebut. Untuk mengantisipasi hal itu, Moms perlu melakukan konsultasi kepada dokter atau bidan sebelum memulai merencanakan kehamilan selanjutnya.

Nah, sudah siap hamil calon anak kedua, Moms? (Seva/HH/Dok. M&B UK)

BACA JUGA:



Hal Penting untuk Kehamilan Kedua

Perbedaan Saat Memiliki Anak Kedua



Ketakutan Terhadap Anak Kedua

 



Tags: hamil,   lahir,   kehamilan,   anak kedua,   anak ketiga,   persiapan hamil,   persiapan,   pemulihan,   hormon,   giz








Cover Januari - Februari 2020