Mother&Baby Indonesia
4 Tips untuk Tidur Nyenyak di Trimester 3

4 Tips untuk Tidur Nyenyak di Trimester 3

Jika tidur nyenyak adalah satu-satunya hal yang Anda dambakan di trimester akhir ini, maka sudah waktunya Anda mengikuti 5 langkah agar bumil tidur nyenyak berikut ini.

 



1. Posisi Nyaman

Di trimester akhir ini, perut Anda sudah semakin besar hingga membuat Anda kesulitan dalam mencari posisi tidur yang nyaman. Lucunya lagi, sekali Anda merebahkan diri di kasur, maka membolak-balikkan tubuh rasanya sulit.

 

Jika Anda bermasalah dengan posisi tidur, maka cobalah berkreasi dengan bantal. Banyak ibu hamil yang lebih nyaman tidur dengan menyematkan guling di antara dua kaki. Kini juga sudah ada bantal kehamilan yang sangat mengerti lekuk tubuh ibu hamil.

 

2. Ke Toilet Sebelum Tidur

Semakin besar bayi dalam kandungan Anda, makan tekanan pada kandung kemih Anda juga semakin besar. Tidak heran kalau Anda jadi semakin sering ke toilet di malam hari. Perlu diketahui, ibu hamil juga “buang air kecil dari dua orang” lho.



 

Jadi, sangat penting untuk mengatur strategi minum Anda. Sebaiknya, penuhi kebutuhan air Anda di siang hari, dan batasi asupan air Anda di malam hari. Cara ini efektif membuat tidur Anda tidak terganggu karena harus buang air kecil di tengah malam. Jangan lupa, buang air kecil dulu sebelum tidur ya!

 

3. Perhatikan Makanan

Heartburn sering terjadi pada ibu hamil, terutama saat memasuki trimester tiga. Untuk mencegahnya, hindari makan malam terlalu banyak dan pedas. Jika Anda ingin makan malam, sebaiknya pilih camilan yang ringan dan kaya protein. Misalnya, biskuit gandum dan selai kacang, atau pisang dan segelas susu hangat. Hindari kafein ya, Moms!

 

4. Olahraga

Olahraga memang penting di lakukan oleh siapa saja. Olahraga tidak hanya membuat tubuh Anda lebih sehat, namun juga membuat tidur Anda lebih lelap. Cobalah olahraga di pagi hari, seperti jogging, berenang, atau yoga. Untuk mencegah kram kaki di malam hari (yang sangat mengganggu jam tidur Anda), maka lakukan stretching atau peregang otot yang lembut. Sederhana namun kaya manfaat kan, Moms? (Tiffany/Dok. M&B UK)



Tags: tidur,   kehamilan,   kandungan,   olahraga








Cover Maret 2020