Mother&Baby Indonesia
5 Trik Bila Anda 'Kesundulan'

5 Trik Bila Anda 'Kesundulan'

Anak memang anugerah yang kadang tidak kita ketahui kapan akan hadir. Sebagai manusia biasa, orang tua bisa saja berencana untuk menunda punya momongan lagi. Sayangnya, tidak ada alat kontrasepsi yang 100 persen mencegah Anda dari kehamilan. Istilah 'kesundulan' atau memiliki anak lagi di luar rencana bisa saja terjadi. Akibatnya, akan ada 2 balita yang siap meramaikan suasana rumah Anda. Jika Anda salah satu Moms yang tengah mengalami hal ini, jangan panik dulu. Atasi dengan mengikuti beberapa trik berikut ini.

 

1. Jangan ragu untuk meminta bantuan keluarga Anda atau mencari bantuan asisten rumah tangga tambahan.



 

2. Sebisa mungkin beristirahatlah ketika Si Kecil sedang tidur.

 

3. Tidak hanya lelah secara fisik, tetapi secara mental pun Anda akan mudah lelah dan stres. Maka usahakan untuk tetap meluangkan waktu (walau sedikit) untuk mengerjakan hal-hal yang membuat Anda bahagia.



 

4. Persiapkan dana segera. Dalam keadaan seperti ini, Anda harus mengulang pengeluaran Anda kembali, seperti persalinan, imunisasi, pengasuh, dan sebagainya.

 

5. Berkomunikasilah dengan pasangan. Mungkin saat ini Anda berdua sedang sama-sama bingung, takut, dan lelah, namun jangan biarkan perasaan-perasaan itu memengaruhi kehamilan. (Annisa Maulidta/Seva/TW/Dok. M&B UK)



Tags: hamil,   kesundulan,   kehamilan,   anak,   balita,   bayi










Cover April 2020