Mother&Baby Indonesia
Anak Balita Belum Pernah Imunisasi, Harus Bagaimanakah?

Anak Balita Belum Pernah Imunisasi, Harus Bagaimanakah?

Dijawab oleh: dr. Aslinar Yafa, Sp.A, M.Biomed, dari RS Aceh Besar, Breastfeeding Counselor & Ketua Aceh Peduli ASI (APA)

 

T: Dok, anak saya berusia 3 tahun dan belum pernah mendapat imunisasi sama sekali. Selama ini saya galau dengan segala info dan pemberitaan yang didapat bahwa konon vaksin itu haram, ya mengandung babi, bahwa vaksin itu konspirasi negara asing dll. Saat ini saat memutuskan agar anak diimunisasi karena sangat khawatir setelah membaca dan mendengar berita makin banyaknya kasus difteri. Apakah anak saya bisa mendapatkan secara lengkap semua jenis vaksin?



 

J: Anak ibu bisa mendapatkan semua jenis vaksin secara lengkap meski saat ini sudah berusia 3 tahun dan belum pernah sama sekali mendapatkan imunisasi. Hal ini disebut dengan Catch Up Immunization. Pada kasus dimana jadwal imunisasi terlambat atau tidak teratur, maka segera kita lanjutkan imunisasi yang tertunda sesuai jadwal.

 



Bila belum pernah mendapat apapun, imunisasi harus diberikan kapan saja dan umur berapa saja. Untuk vaksin yang pemberiannya beberapa kali seperti DPT, Polio, Hepatitis maka pemberian juga dengan jumlah yang sama yang seharusnya diberikan. Kecuali, vaksin Rotavirus yang maksimal diberikan usia 6 bulan.

 

Untuk anak usia di atas 7 tahun, DPT digantikan dengan Td. Sedangkan untuk imunisasi BCG harus dilakukan mantoux test dulu. Bila negatif baru imunisasi BCG diberikan. Jadi para orang tua yang sebelumnya galau dan saat ini memiliki niat memberikan imunisasi bagi anaknya, yuk segerakan sebelum penyakit-penyakit itu menghampiri sang buah hati. Imunisasi bisa didapatkan di Puskesmas, Posyandu dan di praktek dokter anak. Imunisasi di Puskesmas dan Posyandu bisa didapatkan secara gratis. (Hilman/ Dok. M&B UK)



Tags: imunisasi,   vaksin,   pencegahan,   penyakit