Mother&Baby Indonesia
Anak Sering Batuk di Malam Hari, Gejala Penyakit Apa?

Anak Sering Batuk di Malam Hari, Gejala Penyakit Apa?

Dijawab oleh dr. Rouli Nababan, Sp.A, spesialis anak dari KiddieCare Centre, Sunter, Jakarta Utara.


Tanya: Dok, Anak saya yang berusia 2 tahun beberapa hari ini selalu mengalami batuk setiap malam dan sangat mengganggu tidurnya. Terkadang ia batuk sampai muntah, padahal ia tidak mengeluh sakit. Kondisi apa yang tengah dialami anak saya ya, Dok? Saya merasa khawatir.



Jawab: Batuk merupakan salah satu mekanisme pertahanan tubuh terhadap serangan dari luar. Apabila ada benda asing yang masuk ke dalam jalan napas, maka saraf di saluran napas akan terangsang sehingga anak menjadi batuk.


 

Dengan batuk maka udara di dalamnya akan keluar dengan kecepatan tinggi yang berguna untuk membersihkan jalan napas dari debu, kotoran, atau lendir yang berlebihan. Namun, batuk juga dapat terjadi spontan pada anak yang memiliki bakat alergi.


 

Pada kondisi alergi, biasanya batuk terjadi pada jam-jam tertentu. Sangat sering di malam dan pagi hari kemudian akan menghilang pada siang hari. Batuk dapat begitu hebatnya hingga Si Kecil refleks muntah.


 



Refleks muntah dapat membantu mengeluarkan lendir dari saluran pernapasan. Namun, muntah juga bisa terjadi akibat rasa mual yang ditimbulkan oleh tertelannya dahak dalam jumlah banyak ke lambung.

Untuk mengetahui penyebab batuk yang terjadi pada Si Kecil, sebaiknya bawa ia ke dokter anak untuk mendapatkan evaluasi. (Meiskhe/HH/dok.M&B UK)


BACA JUGA:

Waspada Batuk Rejan

Perlukah Obat Batuk untuk Anak?

Tips Meredakan Batuk pada Si Kecil 



Tags: balita,   anak,   batuk,   pilek,   penyakit,   malam_hari,   alergi








Cover Januari - Februari 2020