Mother&Baby Indonesia
Geographic Tongue,

Geographic Tongue, "Sariawan" Tanpa Rasa Nyeri

Dijawab oleh: Dr. dr. Zakiudin Munasir, Sp.A(K) Ketua Divisi Alergi-Imunologi Bagian Ilmu Kesehatan Anak Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia.

T: Dok, anak saya perempuan berusia 5 tahun. Sudah sekian lama, ia mengalami sariawan di lidah tapi tak sembuh-sembuh. Saya sudah memberinya obat sariawan atau antijamur berbotol-botol tetap tidak ada perubahan. Kenapa ya, Dok?


J: Buah hati Anda kemungkinan bukan menderita sariawan atau infeksi jamur pada lidahnya. Akan tetapi, ia kemungkinan melainkan mengalami gejala yang disebut Geographic Tongue atau Lidah Peta.

Geographic Tongue adalah suatu gejala peradangan ringan atau sementara yang umumnya tidak menunjukkan keluhan, seperti nyeri atau perih. Lidah Peta berbeda dengan sariawan atau infeksi jamur yang biasanya disertai rasa nyeri atau perih dan tampak kemerahan di tepinya karena peradangan.

Lidah Peta dijumpai pada sekitar 3 persen populasi, lebih sering pada orang dewasa. Gejala radang ringan ini bisa dijumpai pada beberapa penyakit seperti alergi yang sering pada anak. Sedangkan pada orang dewasa juga bisa dijumpai pada penyakit kulit psoriasis.

Jadi gejala "sariawan" tersebut tak perlu pengobatan, kecuali bila ada penyakit alergi seperti dermatitis atopik, rinitis alergi atau asma, yang diobati adalah penyakit alerginya. Alergi yang terjadi pada anak sampai usia berapa? Tentu tergantung alerginya. Misalnya, alergi makanan umumnya sampai usia anak 2-3 tahun atau asma dialami anak hingga usia 7 tahunan. Sementara, rinitis alergi bisa terjadi seterusnya. (Hilman/Dok. M&B UK)





Tags: sariawan,   sakit,   mulut,   lidah,   nyeri,   perih,   geographic tongue,   lidahpeta,   obat








Cover Januari - Februari 2020