Mother&Baby Indonesia
5 Efek Positif Berciuman, Ternyata Menyehatkan!

5 Efek Positif Berciuman, Ternyata Menyehatkan!


Siapa sangka, berciuman dengan pasangan ternyata memiliki banyak manfaat lho, Moms! Selain sebagai tanda kasih sayang, berciuman dengan pasangan hidup juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh Anda. Ingin tahu lebih banyak manfaat berciuman? Simak yuk!

1. Meningkatkan Kesehatan Gigi

Berciuman dengan suami akan meningkatkan kesehatan gigi dan mulut. Hmm, percayakah Anda? Faktanya, menurut dokter gigi Dr. Heidi Hausauer, berciuman meningkatkan aliran air liur. Hal ini akan menghilangkan partikel makanan sehingga membuat mulut, gigi dan gusi menjadi sehat. Air liur ekstra ini juga membantu mencuci bakteri dari gigi dan mengurangi penumpukan plak. Bahkan, beberapa ahli mengklaim bahwa ion mineral dalam air liur dapat memperbaiki lesi kecil pada email gigi. Singkat kata, air liur dapat membantu kebersihan mulut Anda.
 
2.  Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Berciuman dengan pasangan juga disinyalir dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda. Konon, ada lebih dari 700 jenis bakteri di dalam mulut manusia. Oleh karena itu, "bertukar air liur" dengan pasangan justru dapat memperkenalkan tubuh terhadap bakteri-bakteri baru. Tentunya bakteri yang baik. Penelitian telah menunjukkan bahwa memiliki jumlah beragam bakteri dalam tubuh sangat berhubungan dengan tingkat kesehatan yang lebih baik.

BACA JUGA:  6 Variasi Ciuman yang Perlu Dicoba

3. Menurunkan Kecemasan

Berciuman telah terbukti menurunkan hormon stres kortisol dan meningkatkan serotonin, yaitu bahan kimia yang bertanggung jawab untuk menjaga keseimbangan suasana hati di otak. Berciuman dengan pasangan juga telah terbukti memiliki manfaat yang sama dengan meditasi, terutama dari perannya untuk melepaskan oksitosin, yang juga dikenal sebagai hormon cinta. Oksitosin dipercaya dapat menginduksi rasa tenang dan ikatan pada manusia.

4. Mengurangi Reaksi Alergi

Dr Hajime Kimata, yang mengkhususkan diri dalam allergology di sebuah klinik di Jepang, memenangkan Ig Nobel Prize. Penghargaan itu berkaitan dengan keberhasilannya dalam mengungkapkan bahwa berciuman selama 30 menit dapat mengurangi efek dari reaksi alergi. Pada 2006, timnya mempelajari 24 pasien dengan dua jenis alergi, yaitu eksim atopik ringan (alergi kulit) dan alergi hidung. Para pasien memandang suami masing-masing pada saat sebelum dan setelah mencium pasangannya selama 30 menit sambil mendengarkan musik yang bernuansa lembut. Hasilnya, para peneliti menemukan bahwa berciuman dengan pasangan dapat mengurangi produksi tubuh dari IgE yang merupakan cara tubuh bereaksi terhadap alergen.

BACA JUGA: 5 Manfaat Utama Seks

5. Membakar Kalori

Berciuman dapat membakar kalori sebanyak 2-6 kalori per menit! Wow, seperti berolah raga, ya. Bahkan, berciuman dengan lidah, yang menggunakan semua otot di wajah Anda dapat membakar hingga 26 kalori per menit.
Nah, Anda makin tertarik untuk berciuman setiap hari, Moms? (Seva/HH/Dok. freepik)
 

BACA JUGA: Sulit Orgasme? Coba 4 Cara Ini!

 



Tags: berciuman,   ciuman,   kissing,   pasanganhidup,   seks,   gigi,   imunitas,   kekebalantubuh,   cemas,   kecemasan








Cover Maret 2020