Mother&Baby Indonesia
4 Solusi Malas Berhubungan Intim Saat Hamil

4 Solusi Malas Berhubungan Intim Saat Hamil

Ketika hamil, Anda mengalami banyak perubahan, termasuk hormon. Hal ini tentu akan mempengaruhi keinginan Anda untuk bermesraan dengan suami. Walaupun mayoritas ibu hamil merasa sangat horny dan selalu ingin dekat dengan suami, ada 32 persen ibu hamil justru kehilangan keinginan untuk seks.

 

Perubahan hormon dalam tubuh dapat mempengaruhi apa yang Anda rasakan, terutama pada 3 bulan pertama. Seks mungkin akan menjadi prioritas terakhir dalam daftar Anda, terutama jika Anda mulai merasakan mual dan pusing. Beberapa bumil lain memikirkan banyak hal mengenai ibu baru atau terlalu lelah, sehingga seks tidak lagi menggoda.

 

Jika ini terjadi, komunikasikan masalah ini dengan suami. “Kehamilan juga mengubah dinamika dalam hubungan suami istri,” ujar Dr. Annie Evans, ahli kesehatan dan hormon wanita, seperti dikutip dari Mother&Baby UK. Untuk mengatasi masalah ini, ikuti beberapa tips ini yuk, Moms.

 

 

1. Cari Alternatif


Jika Anda memang tidak ingin berhubungan intim, cobalah eksplorasi hal-hal lain yang dapat membuat Anda dan suami makin dekat, seperti berciuman, saling menyentuh, atau dipijat. Saat tubuh Anda rileks, produksi oksitosin atau hormon bahagia juga meningkat, sehingga Anda dan suami akan semakin mesra.

 

 

 

2. Kreatif dalam Mencari Posisi


Level hormon estrogen dalam tubuh ibu hamil meningkat, yang membuat produksi cairan pelumas di vagina juga ikut meningkat. Namun, tubuh baru Anda mungkin membuat seks jadi sedikit sulit, misalnya dengan badan yang pegal atau ukuran perut yang kian membesar. Oleh karena itu, bereksperimenlah dengan posisi seks untuk mendapatkan posisi yang paling nyaman untuk Anda.

 

 

 

3. Jelaskan pada Suami


Hormon saat hamil dapat berefek pada emosi, sehingga Anda mungkin menangis setelah sesi bercinta. Pahamilah bahwa itu wajar dan merupakan bagian dari kehamilan. Solusinya, jangan ragu meminta suami untuk memeluk dan menghibur Anda.

 

 

 

4. Cari Bantuan Profesional


Jika Anda merasa tidak bisa mengatasi perubahan emosi dan keinginan bercinta, atau Anda mulai melakukan hal yang tidak Anda suka, ceritakan pada dokter atau bidan Anda. Jangan khawatir, karena mereka akan mendengarkan dengan baik dan netral, tanpa menyalahkan Anda. (Nadia/TW/Dok. M&B UK)

 

 

RELATED VIDEO: Ask the Expert, Posisi Seks Aman saat Hamil



Tags: seks,   tips,   berhubungan_intim,   hamil,   pasangan,   romantis,   mesra,   kandungan








Cover Januari - Februari 2020