Mother&Baby Indonesia
Tips Menentukan Pilihan saat Bekerja

Tips Menentukan Pilihan saat Bekerja

Apakah Anda pernah mengalami kesulitan dalam membuat keputusan? Memang rasa takut terhadap risiko yang terjadi setelahnya sering kali membuat seseorang menghabiskan banyak waktu untuk memilih. Padahal, dunia kerja selalu menuntut Anda untuk menentukan keputusan yang tepat dalam waktu singkat. Agar Anda bisa menentukan pilihan dengan cepat dan cermat saat bekerja, ikuti beberapa tips ini yuk.

 

1. Identifikasi Masalah
Untuk mengenali keadaan dan masalah yang terjadi, posisikan diri Anda sebagai 'orang luar'. Keluar sejenak dari permasalahan akan membuat otak berpikir dengan lebih rasional. Setelah itu, pikirkan mengapa masalah tersebut dapat terjadi. Ajukan pertanyaan 'mengapa' kepada setiap jawaban yang ditemukan. Dengan begitu, Anda semakin memahami situasi dan masalah yang dihadapi.



 

2. Solusi Alternatif
Setelah memahami dan menemukan akar masalahnya, kini Anda harus berpikir solusi yang berpotensi dapat menyelesaikan masalah tersebut. Mulailah dengan mencatat semua solusi yang dapat Anda terapkan dan jangan lupa untuk diskusi dengan rekan kerja, mungkin saja mereka memiliki solusi yang lebih menarik.

 



3. Evaluasi Pilihan
Pikirkan risiko dari setiap alternatif dan bayangkan diri Anda berada di situasi tersebut. Kira-kira dampak apa saja yang akan terjadi dan apakah dampak tersebut bisa sampai jangka panjang atau tidak. Catat jawaban-jawaban tersebut dalam daftar solusi.


Ingin mengetahui informasi lebih banyak mengenai tips menentukan pilihan saat bekerja? Anda dapat membacanya di Mother&Baby edisi Februari 2017! (Claudia Carla/Seva/TW/Dok. Freepik)

 



Tags: karier,   pekerjaan,   pilihan,   ibu










Cover Mei-Juni-Juli 2020