Mother&Baby Indonesia
Menjaga Kesehatan Saluran Cerna Anak

Menjaga Kesehatan Saluran Cerna Anak

Tanya

Saya tahu kalau saluran cerna yang sehat itu sangat penting untuk menunjang tumbuh kembang optimal Si Kecil. Namun, bagaimana sih caranya menjaga saluran cerna anak agar selalu sehat?
Sarah Utami, 28, ibu dari Zasqya Shaffa, 4.

 



Jawab

ASI Eksklusif
Dengan saluran cerna yang sehat, anak mampu menyerap gizi dengan baik serta tumbuh kembangnya juga jadi optimal. Untuk menjaganya, pastikan anak Anda mengonsumsi ASI, karena ASI mengandung banyak nutrisi. Di antaranya protein, kasein, dan lemak yang mudah diserap sehingga tidak mengganggu saluran cerna Si Kecil. ASI juga mengandung probiotik yang berguna untuk menjaga saluran cerna dan memberikan kekebalan tubuh anak.
Puji Rahayu, 25, ibu dari Yoona Nafiza, 5,5 bulan.
 

Sayur dan Buah
Jaga kesehatan saluran cerna anak dengan mencukupi kebutuhan seratnya, salah satu caranya adalah dengan memberikan sayur dan buah. Kemudian, jangan lupa untuk memberikan cairan yang cukup. Walau air putih memang penting, namun sesekali Anda juga bisa memberikan jus buah dan sayuran untuk memenuhi kebutuhan tubuhnya akan cairan. Intinya, ayo berkreasi dengan sayur dan buah yang sangat bermanfaat bagi kesehatan saluran cerna Si Kecil.
Siska Paramitha Mandasari, 27, ibu dari Khayra Zivana Putri Kuntari, 21 bulan.
 



Tetap Aktif
Cara menjaga kesehatan saluran cerna anak cukup mudah, dan semua itu harus dimulai sejak dini. Sejak baru lahir, ASI eksklusif membantu memelihara kesehatan saluran cerna bayi. Setelah itu, MPASI yang tepat dan kaya akan serat juga penting untuk diberikan. Namun, selain itu semua, menjaga anak tetap aktif juga tidak kalah pentingnya untuk menjaga kesehatan saluran cerna Si Kecil lho, Moms. Jangan lupa, bermain sambil olahraga dapat meningkatkan metabolisme anak, Moms.
Amalia, 29, ibu dari Khasyi Kafil Kharullah, 9 bulan.
 

Konsumsi Probiotik
Tips saya sederhana saja, yaitu memberikan serat alami dari buah, sayur, dan kacang-kacangan, yang melancarkan sistem pencernaan anak. Tidak lupa, saya juga memberikan probiotik, yang banyak terdapat dalam yogurt. Yogurt mengandung bakteri baik yang turut menyehatkan saluran cerna anak juga, lho. Kebetulan anak saya juga suka yogurt, jadi mudah bagi saya untuk berkreasi dengan yogurt. Bisa ditambahkan potongan buah segar, atau dijadikan bahan membuat smoothies.
Siti Aisyah, 26, ibu dari Jihana Khairinnisa, 13 bulan.
 

Pepaya dan Melon
Menurut dokter spesialis anak yang sering saya temui, memberikan buah dan sayuran pada Si Kecil adalah cara paling tepat dan paling mudah untuk menjaga saluran cerna anak. Dan menurutnya, pepaya dan melon adalah buah yang paling bagus dan banyak seratnya. Ia juga menyarankan untuk memberikan aneka sayuran hijau, dan tidak lupa minum air putih setidaknya 8 gelas sehari.
Thity Khirani Aulia, 34, ibu dari Rafardhan Fawwaz Abhimanyu, 5 bulan.

(Tiffany/Dok. Freedigitalphotos.net)
 



Tags: saluran_cerna,   anak,   balita,   bayi,   kesehatan










Cover Mei-Juni-Juli 2020