Mother&Baby Indonesia
Manfaat Chia Seeds bagi Ibu Hamil

Manfaat Chia Seeds bagi Ibu Hamil

Anda tentu sering mendengar chia seeds (Salvia Hispanica) atau biji chia yang sedang menjadi tren belakangan ini. Baik makanan manis ataupun asin, semua bisa diberi sentuhan chia seeds. Mulai dari pudding, overnight oats, bahkan nasi putih pun bisa diberi taburan chia seeds. Sebenarnya, apa saja sih kandungan nutrisi dalam chia seeds?

 

Dilansir dari Livestrong.com, chia seeds memang bisa disebut sebagai salah satu makanan paling sehat di dunia. Tidak heran kalau suku Aztec dan suku Maya sudah mengonsumsinya sejak dulu.



 

Chia seeds mengandung antioksidan, protein, serat, omega-3, kalsium, magnesium, fosfor, zinc, vitamin B3 (niacin), potasium, vitamin B1 (thiamine), dan vitamin B2. Wah, benar-benar lengkap dan tepat untuk memenuhi nutrisi ibu hamil, ya.

 

Dalam 2 sendok makan chia seeds, mengandung 138 kalori, sekitar 8.5 gram lemak (lebih banyak asam lemak omega-3), 4.5 gram protein, 11 gram karbohidrat, dan 9 gram serat. Jadi, satu porsi chia seeds ini dalam mengisi 15 persen kebutuhan protein ibu hamil, sepertiga kebutuhan serat harian, dan hampir memenuhi seluruh kebutuhan kalori harian bumil saat memasuki trimester tiga.



 

Cara Mengonsumsi Chia Seeds

Biasanya chia seeds dijual mentah dan kering. Menu sehat ini juga bisa ditemukan dalam makanan kemasan, seperti roti, sereal, granola bars, dan biskuit. Rasanya sangat lembut, berbau kacang, enak, dan cocok dipadukan dengan makanan apa saja.

 

Agar kebutuhan nutrisi harian bumil terpenuhi, maka mengonsumsi chia seeds adalah cara yang cerdas. Anda bisa menaburkannya di sereal, yogurt, atau salad. Bumil juga bisa menyampurkannya ke roti, jus, atau smoothies. Selamat berkreasi dengan resep chia seeds favorit Anda ya, Moms! (Tiffany/Dok. M&B UK)



Tags: nutrisi,   chia_seeds,   kandungan,   kehamilan,   janin,   kesehatan,  








Cover Januari - Februari 2020