Mother&Baby Indonesia
Yuk, Simak Kandungan Gula pada Snack & Minuman Favorit

Yuk, Simak Kandungan Gula pada Snack & Minuman Favorit

Akhir-akhir ini hujan terus turun. Cuaca dingin rasanya cocok jika ditemani segelas teh manis hangat dan camilan favorit seperti martabak manis atau donat coklat. Tapi tahukah Anda bahwa kandungan gula dalam beberapa makanan tersebut cukup tinggi? Padahal, konsumsi gula berlebihan dapat menyebabkan diabetes.

 

Hal ini tentu perlu diwaspadai, karena angkat penderita diabetes semakin hari semakin tinggi. “Khusus penyakit diabetes saja, setiap tahunnya selalu ada peningkatan angka penderita di Indonesia. Jika tidak ditangani dengan baik, diperkirakan bahwa pada tahun 2030, akan terdapat 1 penderita diabetes dari 7 orang penduduk Indonesia,” ujar dr. Mulyani Anny Suryani Gultom, SpPD, pada Kamis (9/2) saat event Tea Time bersama Tropicana Slim Stevia di Jakarta.



 

Untuk menghindari diabetes, ada baiknya Anda mulai menghitung asupan gula yang masuk, agar tidak melebih standar yang sudah ditetapkan. Menurut Permenkes 2013, konsumsi ideal gula per hari adalah 50 gram atau 4 sendok makan. Jumlah tersebut sudah termasuk gula yang ada dalam makanan dan minuman lho, Moms. Lalu, berapa kalori snack yang sering Anda dikonsumsi?



 

  • 1 potong martabak manis mengandung 1 sendok makan gula
  • 2 buah donat cokelat mengandung 2 sendok makan gula
  • 2 buah cookies mengandung 1,5 sendok makan gula
  • 1 gelas es teh manis mengandung 2 sendok makan gula
  • 1 kaleng soda mengandung 2,5 sendok makan gula
  • 1 gelas es cendol mengandung 1,5 sendok makan gula


Untuk mengontrol asupan gula, saat ini Anda bisa memilih pemanis nol kalori atau minuman yang mengandung sedikit gula (low sugar). Jangan lupa perbanyak olahraga juga ya, Moms! (Nadia/TW/Dok. Pixabay.com)



Tags: gula,   snack,   diabetes










Cover Mei-Juni-Juli 2020