Mother&Baby Indonesia
Ini Asupan Ideal Gula Per Hari

Ini Asupan Ideal Gula Per Hari

Sensasi rasa manis dari gula memang enak ya, Moms. Apalagi jika sudah terhidang dalam bentuk makanan kecil seperti cokelat atau donat. Namun, perlu diingat bahwa terlalu banyak mengonsumsi gula bisa menyebabkan diabetes.

 

Sayangnya, banyak orang yang merasa tidak perlu mewaspadai penyakit degeneratif ini, karena merasa bahwa diabetes adalah penyakit turunan. “Saat ini, penyebab diabetes bukan hanya karena riwayat keluarga, tapi juga perubahan pola hidup. Jadi lebih baik mencegah daripada mengobati,” ujar dr. Mulyani Anny Suryani Gultom, SpPD, pada acara Tea Time with Tropicana Slim Stevia di Jakarta, Kamis (9/2).



 

Salah satu cara mencegah adalah dengan memantau banyaknya asupan gula yang masuk dalam tubuh. Menurut dr. Anny, sesuai Permenkes 2013, asupan gula ideal per hari adalah sekitar 50 gram atau 4 sendok makan. “Sudah termasuk gula yang diperoleh dari makanan alami seperti buah, sayur, dan susu,bukan hanya gula pasir,” jelas dr. Anny.



 

Selain mengurangi asupan gula, dr. Anny juga menyarankan untuk menambah aktivitas fisik atau olahraga. Menurut dr. Anny, kehadiran jasa-jasa online saat ini juga membuat aktivitas fisik seseorang berkurang. “Jika dulu Anda ingin membeli makanan, maka Anda harus berjalan dulu untuk mendapatknya. Sekarang, Anda cukup menggunakan ponsel,” kata dr. Anny. Wah, ayo perbanyak olahraga, Moms! (Nadia/TW/Dok. Pixabay.com)
 



Tags: gula,   aturan,   diabetes,   dokter,   kesehatan,  










Cover Mei-Juni-Juli 2020