Home - Kesehatan - Gaya Hidup Sehat / 3 Februari 2017 / Redaksi

5 Tips Menurunkan Berat Badan di Balik Meja Kerja

Kesibukan bekerja mulai pukul 08.00 hingga 17.00 menuntut Anda untuk terus berada di balik meja. Bahkan, bila Anda memang benar-benar sibuk, makan siang pun bisa Anda lakukan di meja kantor. Kesibukkan yang seperti itu, dapat membuat tubuh menjadi kurang berolahraga dan akan sering merasa kram di bagian tubuh tertentu. Bahkan bisa menimbulkan obesitas bila Anda makan tanpa banyak melakukan aktivitas fisik.

 

Rebecca Scritchfield, penulis buku Body Kindness menyarankan Anda untuk tetap melakukan diet dan olahraga ringan saat berada di balik meja kerja. Bagaimana ya caranya? Yuk, ikuti 5 tips mudah berikut ini:



 

1. Olahraga 30 Menit
Tidak perlu pergi ke gym, cukup dengan meluangkan waktu 30 menit berjalan-jalan, ataupun naik turun tangga dapat membakar kalori Anda. Selain itu, ini dapat bermanfaat agar aliran darah Anda tetap lancar dan tidak ada merasa kram di bagian tubuh yang lain.

 

2. Isi Laci
Bila Anda sering mengisi laci dengan keripik kentang, minuman manis ataupun cokelat, sebaiknya segera menggantinya. Anda dapat mengisi dengan buah-buahan kering, the hijau, hingga kacang untuk cemilan saat pekerjaan sedang menumpuk. Menyimpan makanan manis dalam laci, dapat menumpuk lemak dalam tubuh Anda.

 



3. Air Putih
Menurut American Council on Exercise, wanita aktif harus minum setidaknya 2,7 liter, atau 91 ons, setiap hari. Meskipun Anda harus melakukannya saat akhir pekan, minum air putih dapat membuat Anda merasa segar, mencegah dehidrasi dan sakit kepala, dan bisa saja membuat Anda tidak ingin lagi mengonsumsi makanan ringan.

 

4. Makan Siang
Membawa makan siang dari rumah dapat menjadi alternatif agar Anda tidak terlalu banyak memilih lauk pauk saat berada di kantin. Jangan lupa untuk mengajak teman kantor Anda makan di kantin agar sirkulasi darah Anda berjalan lancar.

 

5. Berdiri
Penelitian menunjukkan bahwa Anda mungkin hanya membakar ekstra sembilan kalori per jam ketika Anda berdiri di tempat kerja bukannya duduk. Tidak ada salahnya Anda mencoba berdiri saat sedang bekerja agar kalori Anda hilang. (Seva/TW/Dok. Freepik)

 

 

 


RELATED ARTICLE

Mengatasi Rambut Rontok dan Berketombe

5 Efek Duduk Terlalu Lama

Ternyata Wanita Lebih Multitasking Dibanding Pria, Lho!

OTHER ARTICLES

Efek Vakum pada Ibu Melahirkan

5 Mitos dan Fakta Mengenai Kecerdasan Newborn

15 Cara untuk Mencegah Speech Delay pada Anak

Tips Menyimpan Buah agar Matang Maksimal

Hati-Hati! Balita Juga bisa Alami Bulimia lho, Moms