Mother&Baby Indonesia
Indra Bekti Ajak Istri Liburan ke Jepang

Indra Bekti Ajak Istri Liburan ke Jepang

Pembawa acara Indra Bekti berniat mengajak istrinya, Aldilla Jelita, berlibur ke Jepang, untuk menghiburnya. Setelah anak ketiga Indra dan Aldilla Jelita, Kenward Athar, meninggal dunia pada 31 Januari lalu, Indra merasa perlu untuk menghibur istri dengan mengajaknya ke Jepang.

 

Berlibur memang menjadi salah satu cara yang kerap dilakukan, untuk menghibur diri setelah kehilangan orang yang disayangi. Pada dasarnya, orang yang sedang berduka akan memiliki 5 fase, yaitu penyangkalan, marah, menawar, depresi dan penerimaan. Hal itu dijelaskan oleh oleh Elisabeth Kubler-Ross, dalam bukunya On Death and Dying, yang pertama kali mengenalkan lima fase kesedihan karena kehilangan.



 

1. Penyangkalan
Penyangkalan adalah tahap awal dalam lima fase kesedihan. Ini akan membantu utnuk mengatasi kesedihan karena kehilangan orang yang disayangi. Pada fase ini, yang berduka biasanya akan merasa bahwa dunia tidak ada artinya lagi, dan merasa terkejut yang luar biasa. Selama melalui fase ini, selalu ada pertanyaan “bagaimana melalui ini semua tanpa dia yang telah tiada?”, “bagamana memulai hari tanpanya?” dan berbagai pertanyaan lain. Namun jangan khawatir, karena semua pertanyaan tesebut akan membuat Anda semakin kuat setelah ditinggal oleh orang yang Anda sayangi.

 

2. Kemarahan
Kemarahan adalah proses penting dari proses penyembuhan. Anda bersedia untuk merasakan kemarahan Anda, meskipun mungkin tampak tak berujung. Semakin Anda benar-benar merasa marah, semakin ia akan mulai menghilang dan semakin Anda akan sembuh. Anda akan mulai merasa ada yang harus dipersalahkan atas kepergian orang yang Anda sayangi. Tidak masalah bila Anda merasa marah, karena ini bagian dari proses kesedihan yang Anda alami.

 



3. Menawar
Setelah melewati fase kemarahan. Anda mulai berdoa kepada Tuhan dan berharap tidak ceroboh saat berkendara, pasti orang yang Anda sayangi tetap selamat “Tuhan, saya akan berkendara dengan baik, maka kembalikan dia,” atau mengetahui penyakit lebih cepat “Tuhan, saya akan mengajaknya konsultasi ke dokter lebih cepat, maka kembalikan dia dulu.” Rasa bersalah ada dalam diri Anda dan Anda merasa ini semua kesalahan Anda.

 

4. Depresi
Perasaan kosong dan kesedihan memasuki kehidupan Anda pada tingkat yang lebih dalam, lebih dalam dari yang pernah dibayangkan. Tahap depresi ini  seolah-olah akan berlangsung selamanya. Sangat penting untuk memahami bahwa depresi ini bukan tanda penyakit mental. Hilangnya orang yang dicintai adalah situasi yang sangat menyedihkan, dan depresi adalah respon normal dan tepat.

 

5. Penerimaan
Ini fase akhir, dimana Anda mulai bisa hidup tanpa orang yang Anda cintai. Anda mulai menata hidup kembali dengan menyesuaikan kegiatan tanpa orang yang Anda sayangi. Anda tidak pernah bisa menggantikan apa yang telah hilang, tapi kita bisa membuat koneksi baru. (Seva/TW/Dok. instagram)

 



Tags: indra bekti,   aldilla_jelita,   bayi,   meninggal,   selebriti,   duka








Cover Januari - Februari 2020