Mother&Baby Indonesia
5 Superfood untuk Kesehatan Jantung Anda

5 Superfood untuk Kesehatan Jantung Anda

Kematian akibat penyakit jantung telah menurun dalam beberapa tahun terakhir, itu masih No 1 pembunuh orang Amerika. Menurut Pusat Data dan Informasi Kementerian Kesehatan RI, tahun 2008 diperkirakan ada sekitar 17,3 juta kematian yang disebabkan oleh penyakit jantung. Lebih dari 3 juta kejadian itu terjadi sebelum usia penderitanya berusia 60 tahun, dan seharusnya dapat dicegah. Cara mencegahnya cukup mudah, salah satunya dengan mengonsumsi aneka makanan yang baik untuk jantung. Berikut 5 superfood untuk kesehatan jantung Anda:


1. Salmon
Salmon yang berlemak mengandung banyak omega 3 yang ternyata menurunkan risiko aritmia (tidak teratur denyut jantung) dan aterosklerosis (plak membangun di arteri) dan mengurangi trigliserida. The American Heart Association merekomendasikan makan ikan setidaknya dua kali seminggu.

 



2. Oatmeal
Oatmeal adalah makanan tinggi serat yang dapat menurunkan kolesterol. “Ini bertindak sebagai spons dalam saluran pencernaan dan menyerap kolesterol sehingga dapat dieliminasi dari tubuh dan tidak diserap ke dalam aliran darah," ujar Lauren Graf, seorang ahli diet dan co-direktur Cardiac Wellness Program di Montefiore Medical Center, New York City. Roti, pasta, dan bubur jagung juga baik untuk jantung selama mereka masih mengandung seluruh biji-bijian.

 

3. Kedelai
Produk kedelai, termasuk tahu dan susu kedelai, adalah cara yang baik untuk menambahkan protein untuk diet Anda tanpa lemak tidak sehat dan kolesterol. Kedelai dapat mengurangi tekanan darah pada orang yang diet tinggi karbohidrat. Dan dibandingkan dengan susu atau protein lainnya, protein kedelai benar-benar dapat menurunkan LDL atau kolesterol 'jahat' dalam tubuh.



 

4. Tomat
Tomat tinggi kalium yang baik bagi kesehatan jantung. Selain itu, tomat juga sumber antioksidan lycopene, yang dapat membantu menyingkirkan kolesterol 'jahat', menjaga pembuluh darah terbuka, dan mengurangi risiko serangan jantung.

 

5. Extra-virgin olive oil
Minyak zaitun merupakan sumber lemak tak jenuh tunggal, yang dapat membantu mengurangi kadar kolesterol dan gula darah. Dalam sebuah riset, dengan mengonsumsi setidaknya 4 sendok minyak zaitun dalam sehari, orang yang berisiko tinggi terkena penyakit jantung dapat mengurangi risiko serangan jantung, stroke, dan kematian hingga 30 persen. (Seva/TW/Dok. Freepik.com)



Tags: jantung,   kesehatan,   penyakit,   kardiovaskuler,   makanan,   nutrisi








Cover Maret 2020