Mother&Baby Indonesia
5 Hal yang Harus Dilakukan Bila Terkena Prediabetes

5 Hal yang Harus Dilakukan Bila Terkena Prediabetes

Prediabetes merupakan keadaan dimana gula darah dalam tubuh meningkat namun tidak sampai batas meinimal angka diabetes. Menurut sebuah studi 2015 yang diterbitkan dalam Journal of the American Medical Association, 37 persen orang Amerika terkena prediabetes.

 

"Gaya hidup adalah pengobatan andalan ketika terkena prediabetes," kata Deena Adimoolam, MD, asisten profesor kedokteran, endokrinologi, penyakit tulang, dan diabetes di Mount Sinai School of Medicine. Siapa saja bisa mengalami prediabetes, maka sangat penting untuk melakukan penanganan yang tepat. Jika Anda salah satunya, berikut 5 langkah ketika Anda terkena prediabetes:



 

1. Menurunkan Berat Badan
"Sebagian besar kasus berasal dari kelebihan berat badan atau obesitas, sehingga menurunkan berat badan adalah salah satu caranya untuk mencegah Anda terkena diabetes yang sebenarnya,” ujar Deena. Orang dengan prediabetes yang kehilangan sekitar 10 persen dari berat badan mereka dalam waktu enam bulan setelah didiagnosis memangkas risiko terkena diabetes. “Cukup dengan langkah kecil seperti mengurangi soda, dapat menghilangkan ratusan kalori yang dapat berdampak besar pada tubuh Anda,” tambah Deena.

 

2. Vitamin D
Orang dengan prediabetes memiliki kadar vitamin D yang rendah. Segera tambahkan vitamin D melalui beberapa suplemen atau makanan.

 



3. Tetap Aktif
Olahraga yang teratur, adalah kunci untuk membantu Anda mencegah diabetes, karena dengan berolahraga dapat menurunkan berat badan. Jalan cepat atau jogging adalah cara tepat dan seru untuk dilakukan setiap hari.

 

4. Makanan yang Tepat
Mengonsumsi makanan minyak sayuran, ikan berlemak, biji, dan kacang-kacangan-dapat mengurangi risiko diabetes berkembang. “Anda harus menghindari makanan seperti, roti putih, pasta, cookies, dan nasi putih,” ujar Deena.

 

5. Memasak dengan Tepat
Menurut penelitian di Mount Sinai, mereka yang prediabetes lebih baik mengonsumsi makanan yang direbus atau dikukus. Hindari makanan yang digoreng untuk mencegah peradangan dan terjadi resistensi insulin. (Seva/TW/Dok. Freepik)

 



Tags: prediabetes,   diabetes,   kesehatan,   health










Cover Mei-Juni-Juli 2020