Mother&Baby Indonesia
5 Manfaat Pentingnya Ditemani Suami Saat Melahirkan

5 Manfaat Pentingnya Ditemani Suami Saat Melahirkan

Bagi kebanyakan wanita, melahirkan adalah pertaruhan hidup dan mati. Inilah salah satu fase terberat di hidup istri Anda, jadi tidak heran kalau kehadiran Anda di sampingnya akan sangat berarti. Inilah 5 manfaat menemani istri melahirkan:

 



1. Menenangkan

Proses melahirkan yang tidak menyenangkan dapat membuat istri Anda trauma! Hindari hal itu dengan memberinya dukungan yang menenangkan dan menyenangkan. Menurut penelitian, para ibu yang ditemani suami mereka saat bersalin akan mendapat kesan dan pengalaman yang lebih positif daripada yang tidak ditemani suami.

 

Walau mungkin Anda juga panik menghadapi persalinan ini, namun Anda perlu tetap bersikap tenang dan positif. Untaian kata-kata positif juga dapat membuat istri Anda bahagia dan lebih tenang. Jika ia tenang, tentu persalinan juga lebih lancar.

 

2. Mengurangi Rasa Sakit

Tidak hanya membuat istri lebih tenang, kehadiran Anda di sampingnya juga dapat mengurangi rasa sakit melahirkan. Menurut penelitian dari The Fatherhood Institute di Inggris, ibu akan dapat melahirkan dalam waktu yang lebih singkat dan memiliki risiko epidural yang lebih kecil jika pendamping persalinan mengetahui cara mengatasi rasa sakit.

 

Jadi jangan ragu untuk ikut belajar bersama istri di kelas persiapan persalinan, atau bahkan menemaninya senam hamil. Dengan begini, Anda sudah tahu langkah apa yang harus ditempuh jika istri butuh bantuan Anda saat melahirkan.

 



 

3. Berbagi Aura Bahagia

Jika Anda bahagia (bukan cemas dan panik) menjelang persalinan, maka istri Anda juga dapat merasakan hal yang sama dan lebih tenang. Berita baiknya, sebuah penelitian mengatakan kalau hormon oksitosin calon ayah semakin meningkat pada detik-detik menjelang dan pasca-kelahiran bayinya. Hormon oksitosin adalah hormon yang memicu perasaan bahagia.

 

4. Dukungan Moril

Siapa yang paling mengerti istri Anda di suka dan duka, selain Anda, Sang Suami tercinta? Itulah mengapa Anda lah sosok yang paling kompeten untuk memberinya dukungan moril. Sebaliknya, tidak ada yang lebih diinginkan istri Anda selain kehadiran dan dukungan Anda di sampingnya.

 

5. Mengabadikan Momen

Jika semua cara di atas sudah Anda lakukan, istri Anda sudah tenang, namun Si Kecil belum juga lahir, maka mari berkreasi dengan mengabadikan momen penting ini. Kamera handphone yang mumpuni sudah cukup untuk membuat foto atau video seru jelang persalinan. Abadikan wajah istri Anda dan orang-orang tersayang yang mungkin sudah standby untuk menantikan kelahiran Si Kecil. Berbagai ekspresi yang Anda abadikan ini tentu menyenangkan untuk dilihat lagi nanti, atau untuk diputar kembali di ulang tahun pertama Si Kecil. (Tiffany Warrantyasri/HH/Dok. M&B UK)

 



Tags: persalinan,   melahirkan,   kandungan,   hamil,   suami,   istri,   pasangan








Cover Maret 2020