Mother&Baby Indonesia
Tips 'Berdamai' dengan Anak di Toko Mainan

Tips 'Berdamai' dengan Anak di Toko Mainan

Rasanya sulit untuk mengajak Si Kecil ke toko mainan, namun tidak membeli mainan untuknya. Merengek, menangis, berguling di lantai hingga tantrum, sering sekali menjadi 'senjata' Si Kecil untuk mendapatkan mainan yang dia inginkan. Sebagai orang tua, pasti mengerti betapa sulitnya memaksa Si Kecil keluar toko mainan tanpa air mata dan teriakan menginginkan sesuatu. Untuk itu, Anda dapat mencoba 3 tips berikut, agar Si Kecil dapat menahan keinginannya membeli mainan.

 

1. Perjanjian
Sebelum pergi ke toko mainan untuk membelikan kado untuk anak sahabat Anda, ajaklah Si Kecil berdiskusi. Ceritakan bahwa Anda perlu pergi ke toko mainan untuk membeli kado, tapi kado tersebut dibeli untuk anak dari sahabat Anda. Pastikan Si Kecil mengerti maksud dari pernyataan Anda tersebut. Anda dapat membuat perjanjian seperti, “Kalau nanti kamu memiliki tingkah laku yang baik, kamu boleh makan es krim,” atau “kalau nanti kamu benar-benar tidak merengek untuk beli mainan, kamu dan ibu akan berenang bersama.”



 

2. Buatlah Permainan
Sesampai di toko tersebut, Anda dapat memintanya balapan mencari kado. Sebelumnya, Anda dapat memberikan ciri-ciri kado yang dibutuhkan. Kegiatan ini dapat membuat Si Kecil lupa bila ia menginginkan sesuatu. Tapi, bila Si Kecil tiba-tiba ingin dibelikan mainan dan mulai merengek, mintalah Si Kecil bergaya dengan mainan yang ia inginkan, lalu abadikan melalui smartphone Anda. Dan, katakan bahwa mainan tersebut bisa menjadi kado ulang tahunnya nanti. Jangan lupa untuk mengingatkan bahwa tidak semua barang dapat dibeli sesuai dengan apa yang ia minta.



 

3. To The Point
Bila Si Kecil sudah merengek setelah sampai di toko mainan, Anda dapat langsung masuk ke toko dan membeli mainan tanpa sedikit pun memperdulikan Si Kecil. Semakin Anda memperhatikan Si Kecil, ia akan semakin mudah mendapatkan apa yang ia minta dengan cara berteriak sambil menangis. Tentu saja, ini paling sulit untuk dilakukan Anda. Cobalah untuk tidak membiasakan hal tersebut terjadi agar Anda dapat berbelanja dengan tenang. (Seva/TW/Dok. M&B)



Tags: mainan,   tantrum,   menangis,   toko,   anak,   balita,   sikap








Cover Maret 2020