Mother&Baby Indonesia
Persiapan Si Kecil Masuk Taman Kanak-kanak

Persiapan Si Kecil Masuk Taman Kanak-kanak


Persiapan Si Kecil masuk Taman Kanak-kanak (TK) memang tidak mudah. Beberapa orang tua pasti mengalami pagi yang melelahkan karena Si Kecil yang tidak mau bangun pagi. Atau ada juga yang menangis ketika berada di sekolah. Sebaiknya Anda melakukan beberapa persiapan sebelum Si Kecil masuk TK.


1. Mengenal Sekolah
Beberapa taman kanak-kanak mewarkan kesempatan bagi orang tua dan siswa untuk tur fasilitas mereka. Ada juga yang menawarkan 'trial class' untuk Si Kecil. Dengan begitu, Anda dapat melihat fasilitas sekolah, cara guru mengajar, ruangan kelas, kamar mandi, aktifitas di luar ruangan, dan lain-lain. Dengan begitu, Si Kecil menjadi tidak merasa asing ketika baru memasuki sekolah nanti. Anda juga akan melihat guru yang mengajar di sekolah tersebut cocok tidak untuk Si Kecil. Jangan lupa untuk mencari sekolah yang dekat dengan rumah agar Si Kecil tidak terlalu jauh pergi sekolah.

 



2. Kegiatan Rutin Setiap Hari
Kegiatan rutin meliputi, bangun pagi, mandi pagi, berganti pakaian, merapikan tempat tidur, sarapan, dan lain-lain. Biasakan Si Kecil dengan kegiatan pagi seperti itu, untuk menghindari Si Kecil ngambek saat hari pertama masuk TK karena merasa mengantuk. Tidak hanya itu saja, ritual malam pun juga harus diperhatikan, meliputi makan malam, merapikan buku untuk esok hari, menggosok gigi sebelum tidur hingga Si Kecil tidur.

 

3. Isi Waktu Luang dengan Membaca
Membacakan buku cerita atau membiarkan Si Kecil membaca bukunya sendiri dapat meningkatkan kosakata yang ia miliki. Anda dapat memberikannya saat ia selesai mandi sore, sebelum tidur malam, setelah makan malam, dan waktu luang lainnya.



 

4. Belajar Itu Menyenangkan
Anda dapat menerapkan belajar sambil bermain sebelum Si Kecil masuk TK. Misal, Bermain lempar tangkap bola sambil berhitung atau mengajaknya ke taman dan menebak hewan apa saja yang ada di taman tersebut beserta ciri-cirinya. Kegiatan yang menyenangkan dapat membuat Si Kecil tertarik untuk melakukan lagi dan tidak merasa bosan. Jangan paksa Si Kecil untuk terus belajar agar ia tidak mudah bosan.

 

5. Perlengkapan Sekolah
Menyiapkan tas, botol minum, kotak makan, dan sepatu memang sebaiknya sesuai dengan kemauan Si Kecil. Agar nanti saat Si Kecil sekolah, ia semangat berangkat dan menggunakan perlengkapan tersebut. (Seva/TW/Dok. Freepik)



Tags: sekolah,   preschool,   anak,   balita,  








Cover Maret 2020