Mother&Baby Indonesia
Alasan Anak Pertama Lebih Pintar

Alasan Anak Pertama Lebih Pintar

Pernahkah Anda merasa bahwa anak pertama lebih pintar daripada adik-adiknya? Penelitian ternyata membuktikan bahwa hal itu benar dan ada penjelasan ilmiahnya lho, Moms.

 

Sebanyak 5.000 anak dari usia 0-14 tahun di Amerika serikat mengikuti penelitian ini. Para peneliti memantau kemampuan kognitif dan kemampuan membaca anak-anak tersebut setiap 2 tahun. Faktor lain yang ikut diteliti adalah faktor lingkungan yang meliputi keadaan ekonomi dan latar belakang keluarga.



 

Pada usia 1 tahun, terlihat anak pertama memiliki IQ yang lebih tinggi dibanding adik-adiknya pada usia yang sama. Perbedaan ini semakin jelas ketika anak-anak mulai masuk sekolah.

 

“Penemuan ini mengejutkan, karena perbedaan terlihat sejak sangat dini,” ujar salah satu peneliti Jee-Yeon Lehmann, PhD., seperti dikutip dari Health.com. Penemuan ini diharapkan dapat membantu menjelaskan fenomena lain, tentang alasan anak pertama cenderung memiliki uang lebih banyak dan melanjutkan sekolah ke jenjang lebih tinggi.

 



Ketika para peneliti melihat lebih jauh pada faktor-faktor lain, mereka menemukan bahwa orang tua menghabiskan quality time yang sama pada anak pertama maupun kedua, tapi jumlah stimulasi yang diberikan berbeda. “Ini mencangkup waktu orang tua membacakan buku pada anak-anaknya, waktu mengajak pergi ke museum, membuat kerajinan, dan bermain musik,” ujar Jee-Yeon.

 

“Kami menemukan bahwa orang tua lebih banyak menghabiskan waktu stimulasi dengan anak pertama, dibanding anak kedua atau ketiga,” tutur Jee-Yeon. Hal yang sama juga terjadi pada kemampuan kognitif anak, sehingga anak pertama dan kedua memiliki kemampuan koginitif yang berbeda.

 

Walaupun hasil penelitian menunjukkan hasil ini, Jee-Yeon meminta orang tua untuk tidak panik, karena perbedaannya cukup tipis. “Ini bukan perbedaan besar seperti anak pertama kuliah dan anak kedua hanya lulus SMA. Sepanjang anak-anak dibesarkan dalam keluarga yang harmonis, mereka cenderung sukses di masa depan,” ujar Jee-Yeon.(Nadia/TW/Dok. M&B UK)



Tags: sulung,   penelitian,   info,   pintar,   kecerdasan,   kognitif,   riset,   anak,   balita,   kakak,   adik








Cover Maret 2020