Mother&Baby Indonesia
Balita Gemuk Itu Enggak Lucu, Lho!

Balita Gemuk Itu Enggak Lucu, Lho!

Balita yang gemuk memang kerap menarik perhatian. Pipi yang tembam dan badan yang gempal sering menjadi sasaran kegemasan dari keluarga. Tetapi, balita yang sepertinya menggemaskan karena gendut itu, sebenarnya perlu diwaspadai. Kalau berat badan tidak dapat dikontrol dan terus bertambah, bukan tidak mungkin ia akan tumbuh menjadi anak gemuk yang bisa berujung pada masalah kesehatan.

 

Pola makan, kurang olahraga, genetik, atau kombinasi dari hal ini bisa menjadikan balita kelebihan berat badan. Sayangnya, tak selalu mudah bagi orangtua untuk mengatakan bahwa Si Kecil memang gemuk. Perlu bantuan dari dokter untuk mengetahui status Si Kecil. 



 

1. Terapkan Pola Hidup Sehat
Untuk membuat Si Kecil lebih sehat, tentu saja perilaku hidup sehat yang diterapkan di rumah menjadi salah satu caranya. Anda dan keluarga harus mulai memperhatikan asupan makanan yang Si Kecil makan. Pastikan untuk mengurangi gula dan siapkan beberapa makanan sehat untuk Si Kecil.

 



2. Jadilah Model yang Baik
Waktu makan sebaiknya menjadi waktu yang menyenangkan. Makan bersama dengan menu yang sama, dipercaya dapat membuat Si Kecil menjadi lebih senang saat makan. Bila Anda menginginkan Si Kecil makan brokoli, maka Anda juga harus makan brokoli saat acara makan bersama. Begitu juga dengan olahraga, bila ingin Si Kecil sehat dengan aktivitas fisik, ajaklah berolahraga bersama.

 

Ingin mengetahui informasi selanjutnya? Semua informasi tersebut ada di Mother&Baby edisi Februari 2017! (Diana Y. Sari/Seva/TW/Dok. M&B)

 



Tags: bayi,   balita,   gemuk,   kesehatan










Cover Mei-Juni-Juli 2020