Mother&Baby Indonesia
Manfaat Tidur Siang bagi Si Kecil

Manfaat Tidur Siang bagi Si Kecil

Tidur siang merupakan kegiatan rutin yang dilakukan oleh bayi selama masa pertumbuhan. Sebenarnya apa manfaat yang didapatkan si kecil dari tidur siang?
Si kecil yang rutin melakukan tidur siang bisa mendapatkan beberapa manfaat, seperti dikutip dari Kidshealth.org, yaitu:

1. Membantu menjaga anak agar tidak terlalu lelah saat beraktivitas seharian.

2. Membantu meningkatkan memori anak yang membuat otak kembali segar sehingga ia akan lebih mudah menerima rangsangan yang diberikan



 

Kebutuhan tidur anak sangat dipengaruhi oleh faktor usia. Biasanya bayi yang berusia di bawah satu tahun, memiliki waktu tidur siang 2-3 kali dengan total waktu tidur sekitar 3-4 jam. Untuk batita, membutuhkan waktu tidur 1-3 jam yang terbagi dalam 2 kali tidur siang, sedangkan untuk balita umumnya hanya sekali tidur siang. Sebagian besar anak akan berhenti tidur siang setelah berusia di atas lima tahun.



 

“Pada masa balita, anak-anak mengalami pertumbuhan yang pesat baik secara fisik dan layaknya maraton. Jadi Si Kecil membutuhkan waktu tidur yang cukup untuk mengimbangi kecepatan pertumbuhan tersebut,” ujar Jodi Mindell, Ph.D., asisten profesor psikologi di St. Joseph's University di Philadelphia, seperti dikutip dari Parents.com.
 

Beberapa orangtua khawatir, jika si kecil tidur siang, maka tidur malamnya akan terganggu. Untuk mencegah hal tersebut usahakan tidak membiarkan si kecil tidur siang mendekati waktu tidur malamnya, atau bisa juga dengan membangunkannya lebih awal sehingga membuatnya beraktivitas sebelum tidur malam. (Rosa/TW/Dok. M&B UK)



Tags: tidur,   anak,   balita,   pertumbuhan








Cover Maret 2020