Mother&Baby Indonesia
Mencoba Kombinasi BLW dan Makanan Padat

Mencoba Kombinasi BLW dan Makanan Padat

Beberapa waktu lalu sempat heboh dengan berita MPASI pertama bayi dengan metode BLW. Dan ada beberapa yang merasa setuju dan tidak setuju. Nah, bagaimana bila mengkombinasikan keduanya?

 



Jika Anda merasa perlu menerapkan BLW namun takut Si Kecil kurang asupan nutrisi, mengkombinasikan keduanya memang menjadi salah satu alternatif yang bagus. Berikut tips yang harus Anda patuhi:

1. Menjaga keseimbangan antara puree dan finger food, jangan sampai finger food-nya lebih banyak dibandingkan puree.

2. Tetap siapkan sendok, biarkan saja bila Si Kecil mulai menggunakan sendok. Untuk puree, pastikan menunya disukai Si Kecil dan mengandung menu 4 bintang ya, Moms!

3. Perhatikan tekstur ya, Moms! Jangan lupa untuk selalu menaikkan tekstur setiap bulan atau setiap minggunya khusus pada solid food (makanan padat).

4. Bila Anda ragu dengan asupan gizi pada metode BLW, sebaiknya gunakan metode tersebut saat anak sedang mengonsumsi makanan ringan, seperti buah atau camilan Si Kecil.

 

Tidak ada salahya Moms, menggunakan metode manapun. Yang terpenting Si Kecil sehat dan bahagia. Nah, jika Anda ingin mencoba metode BLW saja, jangan lupa perhatikan 8 hal ini:

1. Tunggu Sampai Si Kecil Siap
Si Kecil harus bisa duduk di kursi ataupun high chair, memiliki kekuatan pada leher untuk menyanggah kepada dengan baik, dan mampu memindahkan makanan dari tangan ke mulut. “Kebanyakan bayi diatas 6 bulan dapat melakukan gerakan tersebut,” ujar Clancy Cash.

 

2. Tetap Berikan ASI atau Susu Formula
“ASI atau susu formula akan terus menjadi sumber terbesar bayi gizi sampai ia berusia 10 sampai 12 bulan,” ujar ahli gizi dan dokter anak, Natalia Stasenko.

 



3. Mengawasi
Walaupun Si Kecil sudah mahir melakukan BLW, Anda tetap harus mengawasinya ketika ia makan. Karena walau anak sudah terlihat mahir, namun tetap saja tersedak dapat terjadi sewaktu-waktu.

 

4. Makanan Lembut
Mulailah dengan makanan yang lembut seperti buah yang matang sempurna. Anda dapat memberinya pisang ataupun alpukat. Ikan dan ayam juga dapat dijadikan pilihan untuk makan lho, Moms!

 

5. Bentuk Makanan
Bila Anda menyiapkan kentang yang sudah dikukus, sebaiknya berikan berupa potongan panjang sehingga Si Kecil mudah menggenggam dan memakannya. Hindari memberikan makanan dengan ukuran yang sangat besar atau terlalu kecil yang dapat menyulitkan Si Kecil untuk menggenggam.

 

6. Makanan Bergizi
Pastikan ada makanan berkalori tinggi, seperti zat besi, zinc, protein, dan lemak sehat.

 

7. Berani Kotor
Bila Anda menginginkan Si Kecil sukses dengan metode BLW, Anda juga harus siap untuk membersihkan rumah. Terkadang Si Kecil menjatuhkan bahkan melempar makanannnya tanpa ia sadari.

 

8. Makan Bersama
Biarkan Si Kecil makan bersama dengan keluarga, agar ia dapat melihat Anda dan anggota keluarga lain makan dengan sendirinya. (Seva Dwi Novridayati/TW/Dok. Freepik)



Tags: blw,   makanan,   anak,   bayi,   puree








Cover Januari - Februari 2020