Home - Bayi - Perawatan Bayi / 4 Desember 2017 / Redaksi

5 Manfaat Menggendong bagi Ibu dan Bayi

Memiliki anak menjadi satu kebahagiaan tersendiri bagi orang tua. Banyak cara untuk menunjukkan rasa sayang orang tua, salah satunya dengan menggendong. Alasan utamanya karena saat digendong, bayi akan merasa nyaman seperti di dalam kandungan. Mereka lebih bisa menyesuaikan suhu, aroma, serta sentuhan baru yang mereka alami setelah lahir ke dunia.

 

Selama dalam kandungan, bayi bisa selalu mendengar suara sang ibu, bahkan mendengar detak jantungnya. Mereka selalu merasa hangat dan dapat bergerak meski dengan ruang yang sempit. Karena itu, Moms perlu menggendong bayi untuk memenuhi rasa nyaman seperti di dalam rahim. Tidak hanya bagi bayi, menggendong pun memberikan manfaat bagi Moms. Ini 5 manfaat menggendong bagi ibu dan bayi:

1. Bahagia
Selama dalam gendongan orang tua, bayi akan merasa lebih tenang. Hal ini akan membuatnya tidak mudah menangis atau rewel (tantrum). Mereka pun bisa tertidur dengan nyenyak lebih cepat dibandingkan jika diletakkan di tempat tidur.


2. Sehat
Saat menggendong, maka akan terjadi kontak sentuhan antara orang tua dan anak. Hal ini membantu sang bayi dalam menyesuaikan suhu dan mengatur pernapasan. Dengan bayi menempel pada dada ibunya, maka akan terdengar suara detak jantung yang membuatnya tenang. Hal ini akan sangat membantu dalam merawat bayi prematur.


3. Percaya diri
Orang tua pun akan lebih mudah mengenal tanda-tanda aktivitas bayi. Mulai dari haus, mengantuk, hingga ketika popok mereka perlu diganti. Bayi pun akan lebih merasa yakin dan percaya saat digendong orang tuanya, sehingga bisa memberitahukan keinginannya tanpa harus menangis. Hal ini membangun interaksi antara ibu dan anak secara khusus, sehingga mengurangi postpartum depression.


4. Hubungan erat
Gendongan adalah alat yang paling tepat untuk membangun kedekatan antara bayi dengan orang tua. Menggendong membuat bayi lebih kenal dengan yang menggendongnya. Tidak hanya sentuhan, tetapi juga suara, gerakan, ekspresi wajah, dan detak jantung. Terkhusus bagi sang ibu dan anak, akan terbangun bonding yang membuat keduanya bisa merasakan kasih sayang satu sama lain.


5. Nyaman
Penggunaan gendongan membuat orang tua lebih mudah bergerak dibanding memakai stroller. Saat berjalan-jalan, Anda bisa dengan bebas melewati tangga, jalan sempit, bahkan melakukan pekerjaan rumah. Selain itu, Moms bisa mengasuh si kakak sambil menyusui si bayi. (Vonia Lucky/TW/Dok.Freepik)







RELATED ARTICLE

7 Tips Mengatasi Jerawat Bayi

Cara Tepat Memandikan Bayi

13 Dampak Kelahiran Prematur bagi Tumbuh Kembang Bayi




OTHER ARTICLES

Tips Menghadapi Balita yang Agresif

Penuh Kebutuhan Vitamin D dengan Makanan Ini

Tips Negosiasi Gaji bagi Ibu Milenial

Inspirasi Bisnis Menjelang Natal

5 Tips agar Anak Semangat Minum Susu