Mother&Baby Indonesia
Bayi Lahir dengan Kondisi Jantung Berada di Luar Tubuh

Bayi Lahir dengan Kondisi Jantung Berada di Luar Tubuh

Seorang bayi bernama Vanellope Hope Wilkins, mengalami kondisi tubuh yang sangat langka dari bayi baru lahir lainnya. Vanellope menderita Ectopia cordis atau posisi jantung yang berada di luar tubuh, tepatnya di atas bagian antara perut dan dada. Kondisi ini sangat langka, hanya dialami oleh lima hingga delapan dari satu juta orang di dunia.

 

Seperti dilansir dari BBC, bayi ini dilahirkan tiga minggu lalu dengan prosedur caesar dan tidak memiliki tulang di bagian dadanya. Untuk mengembalikan posisi jantung ke dalam tubuhnya, dilakukan operasi dengan 50 petugas medis, termasuk ahli bedah jantung dan ahli anastesi.



 

Proses operasi pertama Venellope pun berhasil dilaksanakan dengan lancar dan kondisinya pun stabil. Kedua orang tuanya, Naomi Findlay, 31, and Dean Wilkins, 43, dari Nottingham, bersyukur dengan kondisi sehat “si pejuang sejati” kecil mereka.

 

Meski kedepannya Vanellope harus menjalani berbagai tindakan medis seperti operasi dan lainnya, namun Naomi dan Dean tetap bersyukur dengan keajaiban yang mereka dapatkan dari Si Kecil. Mereka pun siap berjuang menghadapi segala hal di masa depan demi kesehatan Vanellope.



 

Saat dalam kandungan, Frances Bu'Lock, konsultan kardiologi anak menyatakan bahwa kondisi janin Vanellope memang terlihat tidak wajar, namun saat ini sudah jauh lebih baik. Semakin beranjak dewasa, kemungkinan besar akan ditanamkan tulang dari teknik cetak 3D atau lainnya untuk menjaga jantung Vanellope.

 

Kasus Ectopia cordis ini sendiri terbilang langka, khususnya di wilayah Inggris. Bahkan, belum ada satu bayi pun yang selamat dari kondisi ini meskipun telah dilakukan prosedur operasi. Untuk itu, semua pihak mendukung kesehatan Vanellope agar bisa bertahan dan hidup sebagai salah satu bukti keajaiban yang nyata. (Vonia Lucky/TW/Dok. BBC)



Tags: berita,   medis,   bayi,   ectopia_cordis










Cover Mei-Juni-Juli 2020