Mother&Baby Indonesia
8 Tips Aman Belanja Online di Harbolnas

8 Tips Aman Belanja Online di Harbolnas

Harbolnas datang! Saat yang tepat untuk berbelanja nih, Moms. Apalagi banyak toko online yang memberikan potongan harga untuk berbagi kebutuhan Anda dan anak. Mulai dari popok bayi, pakaian, hingga kosmetik untuk mempercantik diri.

 

Namun, jangan sampai diskon dan penawaran khusus Harbolnas membuat Anda lalai akan keamanan berbelanja online, lho! Untuk itu, ikuti 8 tips berbelanja online di Harbolnas berikut ini ya:



1. Riset Toko Online
Sebelum memutuskan belanja online, Moms bisa coba mengecek toko terlebih dahulu. Baca testimoni dan cari tahu apakah si penjual dapat dipercaya atau tidak. Jika membeli melalui sebuah situs atau aplikasi, cek juga rating yang dimiliki toko tersebut.

 

2. Menjaga Kerahasiaan Data
Jika saat sebuah situs belanja online meminta data pribadi seperti gaji per tahun, jangan langsung diisi ya Moms. Mungkin saja mereka akan menyebarkan data tersebut ke publik yang bisa merugikan diri kita.

 

Pahami juga mengenai sistem pengembalian barang jika ada cacat atau rusak. Dengan begitu, Moms tidak merugi karena barang tersebut bisa ditukar dengan yang sesuai permintaan atau uang Anda akan dikembalikan sebagai ganti rugi.

 

3. Pelajari Sistem Pembayaran
Pembayaran melalui transfer antarbank paling sering dilakukan saat berbelanja online. Untuk keamanan, Moms bisa menggunakan kartu kredit karena adanya perlindungan khusus dari bank terhadap penipuan atau informasi berkaitan dengan barang yang dibeli.

 

Cara pembayaran lain juga bisa dijadikan pertimbangan, seperti transfer tunai dengan bukti fisik dari transaksi tersebut. Sistem pembayaran seperti PayPal, Transfer Kirim, atau COD (cash on delivery) juga bisa menjadi pilihan untuk mengurangi risiko penipuan.

 

4. Simpan Bukti Transaksi
Bukti transaksi sangat penting untuk disimpan ya Moms. Mulai dari bukti transfer, salinan email Anda dengan penjual, dan nomor resi dari jasa pengiriman. Cantumkan juga berita mengenai pembayaran barang apa yang Moms beli. Hal ini sebagai bukti jika terjadi penipuan, untuk bisa langsung dilaporkan dan dipertanggungjawabkan oleh si penjual.

Penggunaan mobile banking juga bisa membantu Anda dalam pembayaran, jangan lupa untuk tangkap layar saat bukti transaksi muncul ya Moms.



 

5. Menahan Belanja Berlebihan
Meski di Harbolnas ini banyak diskon yang menggoda, tapi Moms harus bisa menjaga diri agar tidak kalap, nih. Anda harus tetap memperhatikan syarat dan kebijakan mengenai potongan harga tersebut agar tidak merugi.

 

Jangan lupa untuk bandingkan harga barang yang diinginkan dari toko yang berbeda. Siapa tahu ada harga yang lebih terjangkau dan bisa menghemat pengeluaran untuk liburan nanti. Periksa juga keaslian barang ya Moms, supaya tidak terjebak dengan membayar mahal hanya untuk barang palsu atau berkualitas rendah.

 

6. Ganti Password
Jika Moms memiliki akun di sebuah situs toko online, buatlah kata sandi yang kuat dan unik. Hal ini untuk menjaga agar orang lain tidak bisa mengakses akun secara mudah. Lakukan penggantian password setiap satu tahun sekali, lalu non-aktifkan akun dan buat baru lagi agar lebih aman.

 

7. Pakai Aplikasi
Daripada membuka toko online melalui situs di PC, gunakan smartphone Anda dan unduh aplikasi toko tersebut. Selain lebih mudah digunakan dimana saja, Anda juga bisa mendapat barang yang dibutuhkan dengan cepat meski tidak sedang di rumah.

 

Hindari penggunaan PC orang lain saat ingin berbelanja online demi menjaga kerahasiaan akun. Jika terlanjur melakukannya, jangan lupa untuk log out sebelum mematikan atau meninggalkan PC tersebut.

 

8. Wi-Fi Pribadi
Penggunaan jaringan internet umum dapat membuat orang lain bisa mengakses akun kita. Jadi, jangan berbelanja online saat sedang menggunakan WI-Fi di ruang publik. Tetap gunakan jaringan internet pribadi atau gunakan Wi-Fi saat di rumah demi menjaga akun pribadi Moms. (Vonia Lucky/TW/Dok. Freepik)



Tags: tip,   belanja,   online,   aman,   liburan








Cover Januari - Februari 2020