Mother&Baby Indonesia
7 Cara Ampuh Mengatasi Morning Sickness

7 Cara Ampuh Mengatasi Morning Sickness

Menurut Dr. Marjorie Greenfield, ob-gyn dan penulis The Working Woman's Pregnancy Book, sekitar 70 persen wanita mengalami mual di awal kehamilan dan sekitar 50 persen mengalami muntah. "Ini sangat, sangat umum terjadi, tapi juga sangat bervariasi," kata Greenfield.

 



 

"Banyak orang mual sepanjang hari, ada yang mual terutama di malam hari, dan ada yang mual jika mereka belum cukup tidur," tambahnya.


Morning sickness dapat dimulai sejak enam minggu kehamilan dan cenderung mencapai puncak sekitar minggu kedelapan dan sembilan.

 

Nah, bagi bumil yang juga sedang berjuang melawan morning sickness, ikuti beberapa cara ampuh berikut ini yuk:

 

1. Mencium aroma segar


Hidung ibu hamil sangat sensitif, terkadang tetangga memasak mie instan saja bisa tercium hingga ke rumah Anda dan membuat Anda mual. Mencium aroma segar dapat membantu Anda menghindari mula saat pagi. Aroma lemon atau daun rosemary dapat Anda cium setiap hari.

 

2. Minum


Kekurangan cairan dapat membuat Anda semakin mual lho, Moms! Oleh karena itu, tidak ada salahnya selalu membawa botol minum sendiri dengan air putih segar di dalamnya.

 



3. Makanan


“Setiap ibu hamil memiliki perbedaan makanan,” ujar Heidi Murkoff, penulis What to Expect When You’re Expecting. Maka carilah makanan yang tidak dapat membuat Anda mual. Dalam pencarian makanan ini, akan membutuhkan waktu yang lama dan pastinya Anda akan melewati beberapa mual dan muntah sebelum akhirnya menemukan makanan yang tepat.

 

4. Makan Sedikit Demi Sedikit


Heidi Murkoff juga menyarankan untuk menyimpan makanan kecil di sebelah tempat tidur Anda, seperti biskuit, roti, permen, atau lainnya. Makanlah sedikit demi sedikit camilan tersebut, untuk mencegah mual terutama saat bangun tidur. Camilan ringan juga berfungsi untuk menstabilkan gula darah Anda, Moms.

 

5. Jahe


Banyak penelitian yang membuktikan bahwa jahe dapat meredakan perut yang mual. Memberikan sedikit irisan jahe dalam teh hangat Anda, cukup meredakan mual. Atau belilah permen jahe yang bisa Anda makan setiap saat.

 

6. Komputer


Bila Anda berpikir menjelajahi online shop di komputer dapat mengalihkan perasaan Anda dari rasa mual, rasanya Anda salah. Layar komputer yang terang dapat memberikan efek mual. Untuk mengatasinya adalah dengan meredakan brightness di layar komputer dan sesekali memejamkan mata untuk mengurangi ketegangan mata.

 

7. Tidur


Terkadang solusi terbaik adalah yang paling sederhana. Cobalah berbaring dan memejamkan mata. Hirup napas dalam-dalam dan beritirahatlah. (Seva/TW/Dok. Freepik)



Tags: kehamilan,   mual,   muntah,   gejala,   tips








Cover Januari - Februari 2020