Mother&Baby Indonesia
Teman Baru Ibu Hamil Masa Kini

Teman Baru Ibu Hamil Masa Kini

Tentu banyak yang harus dipersiapkan pada masa kehamilan, baik kesiapan fisik maupun mental. Hal ini dapat dipenuhi dengan dukungan orang-orang sekitar serta cukupnya informasi yang didapatkan. Namun, tak jarang informasi yang tersedia tidak lengkap maupun tidak terjamin kebenarannya. Sehingga seringkali malah menyebabkan kebingungan dan rasa cemas bagi para ibu hamil. Padahal, rasa cemas ini sangat tidak dianjurkan oleh dokter kandungan karena dapat menyebabkan stres yang akan mempengaruhi tumbuh kembang janin dan kondisi sang ibu sendiri.

 



Lalu, bagaimana mengatasi permasalahan ini? Platform informasi seputar masa kehamilan yang dapat dipercaya adalah jawabannya. Hal inilah yang kemudian menjadi alasan diluncurkannya aplikasi ponsel pintar bernama Teman Bumil.

 

Teman Bumil adalah aplikasi ponsel pintar yang berfungsi sebagai salah satu penyedia dukungan bagi ibu hamil di Indonesia. Aplikasi ini sendiri baru dirilis secara resmi pada 29 November 2017 di Ballroom Hotel Grand Hyatt Indonesia. Acara ini mengundang psikolog Ajeng Raviando Psi, dr. Ardiansjah Dara Syahruddin Sp. OG, aktris Sandra Dewi, dan Robyn Soetikno selaku co-founder Teman Bumil.

 

Ajeng menyatakan bahwa hal terpenting yang ibu hamil butuhkan adalah dukungan. “Dilihat dari sisi psikologis hal yang paling dibutuhkan adalah support dari keluarga, pasangan, dan teman-teman. Karena ketika hamil fluktuasi emosional (ibu hamil) up and down. Terutama untuk kehamilan pertama, si calon ibu (seringkali) tidak mengerti dengan keadaan tubuhnya,” ujar Ajeng.

 

Dukungan dari kerabat dan orang terdekat menjadi penting untuk menjaga stabilitas emosi si calon ibu. Hal ini didukung dengan hasil survey terhadap 400 ibu hamil di Indonesia yang dilakukan oleh Teman Bumil, yang menyatakan bahwa 99% setuju bahwa dukungan selama hamil sangat penting dan memudahkan proses kehamilan.

 

Suami, sebagai pasangan dan orang terdekat dari si calon ibu juga dianjurkan untuk memahami beberapa informasi penting seputar masa kehamilan. dr. Dara mengatakan bahwa suami yang memahami dengan baik kondisi pasangannya yang sedang hamil, akan membantu kelancaran proses kehamilan dan persalinan.

 



Sandra Dewi sebagai partner Teman Bumil juga mengatakan bahwa dukungan suami, keluarga, dan teman sangatlah penting baginya dalam menjalani masa kehamilan. “Suami adalah orang pertama yang harus mendukung,” katanya. Dari pengalaman masa kehamilannya yang sudah menginjak usia 7 bulan, suami yang terus mendukungnya untuk boleh terus bekerja serta kehadirannya pada masa-masa awal kehamilan menjadi dukungan yang sangat penting bagi Sandra.

 

Namun, dukungan psikologis dari kerabat dan orang terdekat ini terbatas jangkauannya sehingga tak dapat menemani sang ibu hamil kapan pun dan di mana pun ia berada. Dari hasil survey yang sama, hanya 47% ibu hamil yang mendapatkan dukungan tersebut tiap hari. Terlebih lagi ketika bumil sedang membutuhkan informasi tertentu dengan segera. Tak mungkin rasanya untuk mengantre panjang agar bisa berkonsultasi dengan dokter kehamilan, atau menelpon suami tercinta yang sedang sibuk bekerja. Pada saat inilah peran teknologi bekerja.

 

Tetapi, dengan begitu banyak informasi yang tersedia si calon ibu juga akan kesulitan untuk menyaring informasi yang tepat baginya. Robyn menyatakan bahwa Teman Bumil dapat mengatasi permasalahan ini dengan menjadi aplikasi ponsel pintar yang menyajikan berbagai informasi yang dibutuhkan dari sumber yang terpercaya, sehingga valid dan dapat menjadi patokan informasi bagi seluruh ibu hamil di Indonesia.

 

“Teman Bumil hadir sebagai jawaban akan sedikitnya aplikasi kehamilan di Indonesia. Teman Bumil hadir dengan konten yang sangat relevan dengan masyarakaat dan budaya Indonesia,” ujarnya. Kemudahan dalam mengakses informasi yang terpercaya menjadi fitur utama aplikasi ini.

 

Informasi ini tersedia dalam fitur Artikel dan Tips. Selain itu, Teman Bumil memiliki beberapa fitur lain yang digadang mampu membantu serta mendukung masa kehamilan si ibu. Fitur tersebut antara lain adalah fitur Perkembangan Janin dan Perubahan Mums, Checklist, Agenda, Janin 360, serta Album. Dengan berbagai fitur ini, Robyn berharap aplikasi Teman Bumil ini dapat menjadi sahabat baru ibu hamil di Indonesia.

 

Seluruh peserta acara ini baik komunitas blogger serta artis papan atas Indonesia menyambut baik diluncurkannya aplikasi Teman Bumil. Presenter serta aktris, Franda, yang juga tengah mengandung menyatakan kegembiraannya dengan diluncurkannya aplikasi Teman Bumil ini. “[Teman Bumil] bagus banget buat [ibu hamil] di Indonesia. Karena emang selama ini aplikasi ibu hamil yang aku tahu kebanyakan dari luar, jadi ada beberapa hal yang gak sesuai dengan budaya kita.” (Gabriela A. Pramesvari/TW/Dok. Teman Bumil)



Tags: kehamilan,   kandungan,   aplikasi,   gadget,   panduan,   tips,   informasi