Home - Kehamilan & Persalinan - Kehamilan / 5 Desember 2017 / Redaksi

Makanan Terbaik untuk Kehamilan Trimester 1

Trimester pertama adalah waktu paling kritis dalam kehamilan Anda. Meskipun janin pada akhir tiga bulan hanya memiliki panjang sekitar 4 inci dan beratnya kurang dari 1 ons, namun hampir semua organ tubuh mulai terbentuk pada trimester ini, seperti sistem saraf, jantung, lengan, hingga jari kaki.

 

Ini bukan saatnya Anda mencoba mengurangi makan karena takut tubuh kian menggemuk. Melainkan inilah saat yang tepat bagi Anda untuk mulai memenuhi kebutuhan janin untuk membentuk organ tubuh dengan baik.

 

Tidak dapat dipungkiri terdapat banyak perubahan dalam tubuh Anda selama trimester pertama ini, tapi tetap penuhi kebutuhan janin ya, Moms! Berikut beberapa sumber gizi yang perluh Anda penuhi.

 

1. Makanlah 5 porsi buah dan sayuran setiap hari, untuk memberi Anda sejumlah vitamin yang baik (misalnya vitamin A dan C dan asam folat), mineral, dan serat. Mengonsumsi berbagai makanan yang mengandung serat membantu menjaga fungsi usus halus dan dapat mengurangi peluang Anda terkena sembelit dan wasir. Anda dapat memilih smoothies sebagai menu sarapan Anda yang berisi campuran pisang, blueberry, serta granola.

 

2. Karbohidrat juga harus ada pada setiap makan, misalnya sereal, roti, pasta, nasi (aneka gandum adalah yang terbaik).

 

3. Yogurt serta susu juga sangat baik untuk janin lho, Moms. Ini berguna untuk pembentukan tulang dengan lebih baik. Bila tidak menyukai susu sapi, Anda dapat menggantinya dengan susu kedelai.

 

4. Daging dan ikan jangan lupa juga masuk dalam menu harian Anda, ditambah lagi ikan yang mengandung omega-3 seperti salmon. Serta makanan yang kaya protein seperti telur, dan kacang yang tidak hanya mengandung protein, tapi juga mengandung zat besi, serta asam folat. Bila Anda ingin tidak terlalu banyak kalori dan lemak jenuh, pilihlah produk susu rendah lemak atau non-lemak.

 

5. Hindari makanan dan minuman yang mengandung gula, lemak dan garam tinggi, mis. permen, minuman bergula dan makanan olahan. (Seva Dwinovrida/TW/Dok. Freepik)







RELATED ARTICLE

Nutrisi Esensial untuk Mom dan Si Kecil

Hamil Kedua Terlalu Cepat Meningkatkan Risiko Autisme

10 Tanda Anda Hamil Anak Perempuan




OTHER ARTICLES

Tips Menghadapi Balita yang Agresif

Penuh Kebutuhan Vitamin D dengan Makanan Ini

Tips Negosiasi Gaji bagi Ibu Milenial

Inspirasi Bisnis Menjelang Natal

5 Tips agar Anak Semangat Minum Susu