Mother&Baby Indonesia
6 Info Penting seputar Kehidupan Seks di Umur 40an

6 Info Penting seputar Kehidupan Seks di Umur 40an

Saat Anda memasuki usia 40 tahun, kehidupan seks Anda mulai berubah. “Baik pria maupun wanita menghadapi perubahan hormon di usia 40-an yang dapat menyebabkan perubahan gairah seksual, keinginan, dan kenyamanan fisik selama aktivitas seksual,” ujar Shannon Chavez, PsyD, CST, psikolog asal Los Angeles. Apa saja ya yang berubah dari kehidupan seks di usia 40an? Simak 6 penjelasan ini:

 

1. Perhatikan Jantung Anda

Sistem kardiovaskular Anda aladah kunci kehidupan seks yang berkembang. “Sistem kardiovaskular yang sehat sangat pentinh untuk fungsi seksual, “ ujar Gracie Landes, terapis pernikahan di New York City. “Menjaga kesehatan fisik yang baik itu penting,” tambahnya lagi. Maka tidak ada salahnya Anda sering berolahraga ringan untuk menjaga agar tubuh dan jantung Anda sehat.

 

2. Hasrat yang fluktuatif

Hasrat seksual Anda mungkin berfluktuasi. Terkadang Anda merasa tidak ingin sama sekali selama beberapa hari, begitu juga juga dengan pasangan Anda. Ini wajar terjadi terutama pada usia 40-an. Yang terpenting menjaga komunikasi agar tidak ada salah paham.

 

3. Kualitas Berbeda

Kuantitas dan kualitas sel telur wanita akan menurun secara signifikan pada usia 40-an. Jika Anda masih ingin berusaha untuk mendapatkan keturunan, segera hubungi dokter untuk program bayi. Dan bersiaplah untuk berhubungan intim setiap hari.

 

4. Wanita Lebih Mudah Orgasme

Walaupun kulitas sel telur menurun, namun para ahli mengatakan bahwa pada wanita yang berusia 40-an, akan lebih senang berhubungan intim dibandingkan sebelumnya. “Bagi para wanita, orgasme menjadi lebih mudah karena pengalaman dan kenyamanan,” ujar Gracie Landes.

 

5. Pria Bisa Lebih Lama di Ranjang

Dan kabar baik untuk pria adalah, ia bisa lebih lama berada di ranjang, serta merasakan orgasme yang Anda rasakan. “Sering bertambahnya usia, pria akan lebih mampu menunda orgasme,” ujar Gracie Landes.

 

6. Pelumas

Sepertinya Anda mulai membutuhkan pelumas pada usia ini. “Tingkat estrogen yang berfluktuasi dan mesntruasi yang tidak teratur dapat menyebabkan ketidaknyamanan. Dinding vagina juga mulai tipis dan mudah berdarah saat bersinggungan dengan Mr. P,” ujar Gracia Landes. Ini saatnya Anda memilih pelumas yang tepat, Moms! (Seva/TW/Dok. Freepik)



Tags: seks,   bercinta,   intim,   pasangan,   harmonis,   orgasme










Cover April 2020